Home » » Ruas Jalan Tanah Bumbu Rusak Parah

Ruas Jalan Tanah Bumbu Rusak Parah

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 19 Maret 2011 | 06.38

BATULICIN- Sejumlah ruas jalan raya Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, mulai mengalami penurunan kualitas. Nyaris seluruhnya mengalami kerusakan yang cukup serius. Kerusakan itu terjadi terutama di berbagai wilayah pusat perkotaan, seperti di sepanjang jalan raya batulicin, Jalan raya Pelajau, jalan raya kampung Baru, jalan Lingkungan kecamatan Gg Inggub, gg PLN, bahkan jalan raya lintas kecamatan. Baik itu, Kecamatan Batulicin, kecamatan Kusan Hilir, Sungai Loban, Angsana hingga menuju Kecamatan Kusan hulu.



Wakil Bupati Tanah Bumbu, Difriadi darjat mengharapkan di tahun 2011 ini Pemerintah daerah kabupaten dapat melakukan pembenahan jalan, sebagai perwujudan komitmen janji pilkada pada pemilu 2010 lalu. Sehingga dua tahun kedepan, pemerintah dapat melanjutkan pembangunan pada bidang lainnya terutama, SDM.



“sesuai komitmen kami, pada tahun pertama dan kedua, kami mengutamakan perbaikan infrastruktur, seperti jalan baik itu jalan desa, maupun jalan perkotaan. Sehingga dua tahun kedepan, jalan yang ada sudah baik dan layak dipergunakan. Penataan selanjutnya kami pemerintah daerah akan berupaya meningkatkan kualitas pembangunan di bidang Sumber Daya Manusia, baik melalui ekonomi, pendidikan maupun kesehatan” ucap Difriadi saat berbincang santai dengan wartawan, dikantin Kantor Bupati Tanbu, digunung tinggi.

Memasuki musim penghujan di pertengahan bulan Maret ini, jalan raya batulicin terutama yang berada di depan kantor Bank BPD, depan terminal lama Pasar Minggu, depan Pusat Niaga Bersujud, depan bank Danamon, depan Kantor Koramil batulicin, Sepanjang Jalan Inggub, dan Juga Jalan raya Pelajau, tepatnya di depan Gg batu Benawa, kini kondisinya sangat memprihatinkan.

Tak jarang ditempat tempat kerusakan jalan terparah itu, ditanami sejumlah pohon pisang, pohon Talas (keladi), serta Pohon Kestela. Seperti hari Kamis (17/3)kemaren, tepat pada kubangan jalan berloban di depan terminal lama pasr minggu, dimana pada ruas jalan itu oleh masyarakat setempat ditanami pohon keladi, dan pohon kestela. Lengkap dengan celengan sumbangan perbaikan jalan secara swadaya, serta tulisan peringatan hati hati melintas di jalan raya berlubang.

Salah seorang warga, Usup (34) mengatakan, sudah 6 bulan pemerintahan
Mardani H. Maming dan Difriadi Darjat berjalan. Namun perbaikan jalan yang dijanjikan belum juga dilakukan. Untuk itu dirinya mengharapkan dengan adanya kritik semacam itu, bisa membuka telinga dan mata pemerintah daerah. Sehingga, masyarakat bisa menikmati pembangunan, seperti jaman Pemerintahan Zairullah Abdul Hakim yang telah lalu.

“seharusnya, perbaikan jalan sudah bisa dilakukan. PAD kita, saya rasa cukup untuk memperbaiki kerusakan jalan bersekala Kabupaten ini. Ironis jika Kabupaten Kaya dengan Sumber Daya Alam, termasuk batu bara dan Biji Besi. Akan tetapi kondisi jalan raya dan fasilitas publik lainnya masih sangat memprihatinkan” ucap Usup, kepada wartawan.

Jika di batulicin, warga mengeritik jalan berlubang dengan menanam pohon keladi, justru jajaran Satlantas Polres tanah Bumbu melakukan perbaikan jalan secara swadaya. Sejumlah jalan berlubang di persimpangan empat, tepat berada di depan Pos lantas penjagaan Simpang Empat, ditutupi dengan batu beskos. Hal itu terpaksa dilakukan, lantaran kerusakan jalan di tempat itu terbilang cukup parah.

Dipihak Lain, ditemui secara Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum ir. Sofiani melalui Kepala Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Roy Rizali Anwar ST. kepada wartawan menjelaskan. Pemerintah daerah di tahun 2011 ini menyiapkan anggaran khusus untuk peningkatan, perbaikan dan pengerjaan jalan, sebesar kurang lebih Rp.75 Milyar. Itu, belum termasuk dengan dana bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi.

“sebagai langkah awal, dalam waktu dekat ini, kita akan lakukan perbaikan jalan raya, dengan pagu awal sebesar Rp 7,5 Milyar. Saat ini sudah dilakukan lelang kontraktor. Jalan yang bakal diperbaiki itu diantaranya jalan raya batulicin, Sungai Loban dan juga jalan Transmigrasi pelajau” ujar Roy, kemarin.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved