Home » » 2.364 Siswa, Ikut Ujian Akhir Nasional

2.364 Siswa, Ikut Ujian Akhir Nasional

Written By Fokus Batulicin on Senin, 18 April 2011 | 18.04

BATULICIN- sebanyak 2.364 siswa Sekolah lanjutan Tingkat Atas, dipastikan seluruhnya pada hari ini Senin (18/4) mengikuti Ujian Akhir Nasional tahun Ajaran 2010-2011 di Tanah Bumbu dari 29 Sekolah SMA, MA dan SMK baik negeri maupun suasta yang terdapat di 10 kecamatan yang tersebar di Tanah Bumbu.


Dari pantauan dilapangan, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga H.Muhammad Amin didampingi Asisten III Bidang Administrasi, serta Staf Ahli Bupati Tanah Bumbu melakukan peninjauan Ujian Akhir Nasional (UAN) ke sekolah SMKN 1 Batulicin dan SMAN 1 Simpang Empat.

Dimana, dari kedua sekolah yang dikunjungi Kepala Dinas Pendidikan ini dapat dipastikan 100 persen siswa peserta UAN dapat berhadir di hari pertama. Untuk SMAN 1 Simpang Empat sebanyak 177 siswa dengan kondisi sehat dapat mengikuti Ujian Nasional Akhir, kemudian untuk SMKN 1 Batulicin sebanyak 224 peserta UAN juga dipastikan keseluruhnya dapat mengikuti UAN dengan tanpa halangan. Bukan itu saja, sebanyak 10 orang siswa SMKN Al-madani kecamatan Mentewe juga ikut bergabung dalam pelaksanaan UAN kali ini di sekolah SMKN 1 Batulicin, dengan daftar hadir 100 persen.

“sebenarya untuk SMKN pada saat pengajuan daftar peserta UAN itu kami sempat mencatat sebanyak 229 orang, namun mendekati Masa UAN, angka itu berubah menjadi 224, karena menjelang masa pembelajaran akhir yang bersangkutan mengundurkan diri dari sekolah atau berhenti dengan sesuatu alasan. Tapi data akhirnya semuanya berjumlah 224 itu, saat ini seluruhnya dipastikan hadir dalam pelaksanaan UAN” ujar Amiruddin M.Pd selaku kepala sekolah SMKN 1 Batulicin, yang disambangi wartawan saat ikut melakukan pemantauan bersama kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, kemarin.

Dari penuturan Amiruddin, untuk tahun ini pihaknya dapat sedikit lega dalam penentuan penilaian kelulusan, dimana selain nilai murni UAN sebanyak 60 persen, angka itu masih bisa didongkrak dengan nilai dari sekolah disetiap semester serta prestasi tambahan siswa selama disekolah sebesar 40 persen. Sehingga siswapun tidak merasa terlalu berat ataupun tertekan dalam pelaksanaan UAN.

“untungnya seperti itu, sekolah masih bisa membantu mendongkrak kelulusan, tidak seperti tahun lalu,, nilai kelulusan murni dilihat dari nilai UAN semata” ujar Amiruddin, yang mengaku khawatir dengan merosotnya nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia, mengingat dari beberapa try out yang dilakukan, mata pelajaran yang satu ini selalu terlihat anjlok nilainya.

Sebelumnya, pendistribusian soal ujian yang dilakukan panitia Ujian Sekolah, Kepolisisna serta petugas Dinas pendidikan pemuda dan Olahrga, dari ruang Polres menuju sejumlah sekolah dapat berjalan dengan aman dan lancer. Hal ini dibuktikan dari seluruh sekolah pelaksana dipastikan dapat melaksanakan Ujian Akhir Inasional ini pada hari pertama dengan sukses.

“Alhamdulillah, selama di beck up oleh kepolisian, selama ini kondisi soal ujian hingga ke tangan siswa selalu dalam kondisi Original. Dan tidak pernah terjadi kebocoran soal maupun kunci jawabanya. Jika ini bisa terjadi, saya siap mempertaruhkan nyawa dan jabatan saya. Untuk itu, setiap pendistribusian ke sekolah sekolah, kita selalu minta pengawalan dari aparat kepolisian.” Ujar Amiluddin, kemarin ketika ditemui wartawan di Ruang Polres Tanbu, jalan raya Serongga Simpang Empat.

Untuk Tahun Ajaran 2010-2011 kali ini, jumlah siswa yang bakal melaksanakan kegiatan Ujian Nasional diantaranya berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 1.012 siswa, dengan 458 pelajar laki-laki serta 554 orang pelajar perempuan. Kemudian dari Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 398 orang, terdiri dari 180 siswa laki-laki dan 218 orang siswa perempuan. Untuk pelajar SMK mencapai 954 orang, dengan perincian diantaranya terdiri dari 555 peserta ujian nasional laki-laki, dan juga terdiri dari 399 peserta perempuan. Dengan angka keseluruhan peserta Ujian nasional Tahun ajaran 2010-2011 sebanyak 2.364 orang, terdiri dari 1.193 perserta laki-laki dan 1.171 peserta perempuan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved