Home » » Ulat Bulu Serang PPI Batulicin

Ulat Bulu Serang PPI Batulicin

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 13 April 2011 | 20.34

-3 Pohon Mangrove, Daunnya Ludes Dimakan Ulat

Jika sebelumnya, serbuan ulat bulu menyerang disejumlah daerah diluar Kalimantan, kini gerombolan ulat bulu itu mulai terlihat menggerogoti pepohonan mangrove yang terdapat di lingkungan Pangkalan Pelelangan Ikan (PPI) Batulicin, jalan Fitrianor kecamatan Simpang Empat Tanah Bumbu.
Keberadaan ratusan ulat bulu itu bermula diketahui oleh sejumlah para pekerja perikanan yang memperhatikan gumpalan gumpalan putih yang bertengger di seluruh batang pohon mangrove yang belakangan diketahui adalah kepompong ulat bulu. Selain kepompong, ratusan ulat bulu itupun mulai berkeliaran manyantap dedaunan hingga gundul semua.

Rabu (13/4) kemarin, Kepala Dinas kelautan dan Perikanan Tanah Bumbu, Ir. Bakhriansyah MM secara langsung ikut memperhatikan keberadaan ulat bulu sebesar jari kelingking orang dewasa itu. Berwarna coklat, bergaris hitam merah dengan bulu-bulu yang menempel berwarna putih kekuning-kuningan menutupi seluruh tubuhnya
.

“saya kira baru satu pohon yang diserang,,, ternyata ke tiga pohon mangrove yang tepat berada di depan kantor Dinas kelautan dan Perikanan itu, daunnya sudah habis ludes dilahap oleh ulat bulu itu. Dikhawatirkan pepohonan lainnya di sepanjang bibir pantai batulicin lainnya juga ada yang terserang ulat bulu. Untuk itu, dinas kesehatan, peternakan, dan petugas kesehatan tanaman kehutanan diharapkan segera menindaklanjuti kejadian itu” ujar Bakhriansyah.

Sementara Kepala Bidang Kesmavet Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Tanah Bumbu, Endang mengatakan, untuk kasus ulat bulu itu bukan kewenangan instansinya. Melainkan dinas kehutanan dan perkebunan. Namun demikian piahknya dalam waktu dekat ini akan segera melakukan koordinasi, juga melakukan peninjauan.

Sementara Ir. Bakhriansyah MM, mengungkapkan kekhawatirannya, jika tidak ditanggulangi dengan cepat, sebaran ulat bulu itu bisa dengan cepat menyebar kesejumlah pohon lainnya yang masih segar. Apalgi melihat perkembang biakannya yang juga tergolong cukup cepat. Hal ini mengingat, ujar Bakhriansyah, sebelum adanya temuan serbuan ulat bulu di Bali dan sejumlah Pulau jawa, ditempatnya berkerja itu tidak pernah terlihat adanya gerombolan ulat bulu itu.

“kemarin-kemarin belum ada, justru kami tahunya barusan tadi pagi dari anak buah saya yang memperhatikan ulat bulu itu” katanya.

Meskipun tidak sebanyak di daerah Buleleng Bali, akan tetapi keberadaan ulat bulu di PPI Batulicin itu tetap saja membuat warga sekitar jadi penasaran seklaigus khawatir, jika ulat bulu itu berkembang biak dengan cepat dan menyerang pepohonan lainnya yang ada di pusat permukiman penduduk. Terutama disekitar PPI itu.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved