Home » » 10 Hektare Pantai Bunati Masuk Kawasan Konservasi

10 Hektare Pantai Bunati Masuk Kawasan Konservasi

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 22 Juni 2011 | 17.25

BATULICIN – Akhirnya, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu memasukkan pantai Bunati dalam perencanaan zona konservasi. hal ini bertujuan untuk menyelamatkan terumbu karang dan biota laut lainnya ditempat itu. demikian di ungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Drs. Gusti Hidayat di sela sela kehadirannya dalam menyampaikan Jawaban Bupati atas Pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap 2 (dua) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dalam Rapat Paripurna DPRD tentang RPJPD dan RPJMD, Selasa (21/6) di Gedung DPRD Tanbu.


Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu Burhanuddin, S.Sos, tersebut, Sekda Tanbu saat membacakan sambutan tertulis Bupati Tanah Bumbu, mengatakan dalam upaya meningkatkan sumber PAD yang sesuai dengan peraturan yang berlaku akan melakukan terobosan-terobosan kedepannya.

“Kedepannya kita akan melakukan terobosan seperti melakukan kerjasama dan merevitalisasi perusahaan daerah. misalnya dengan penyertaan investasi dengan perusahaan-perusahaan swasta melalui penyertaan modal, ” ujar Sekda Tanbu.

Sedangan mengenai permasalahan - permasalahan lingkungan seperti, terumbu karang di Bunati, dikatakan Sekda, bahwa sesuai dengan rencana perubahan tata ruang provinsi dan kabupaten, sudah kita usulkan untuk melindungi terumbu karang yang ada di daerah tersebut dan sudah ter-enclave termasuk dalam kawasan konservasi perikanan seluas lebih kurang 10 Hektare, daerah bibir pantai, dan di daerah kawasan tersebut tidak diperbolehkan melakukan aktifitas pembangunan yang dapat merusak kondisi biota laut.

RPJPD adalah gambaran secara umum pembangunan 20 tahun kedepan, yang penjabaran secara umumnya diimplementasikan dan dituangkan dalam RPJMD, sesuai dengan visi misi bupati terpilih, dan ini merupakan dasar dari visi misi kabupaten. Visi Bupati di RPJMD, yang dijabarkan melalui misinya, yaitu :

Menyelenggarakan penataan ruang wilayah yang mendorong pembangunan berkelanjutan dengan peningkatan infrastruktur yang berkualitas. Sedangkan di dalam visi tersebut juga terdapat pengembangan port yang representatif disertai keterpaduan interkoneksi antar moda transport. Selanjutnya juga disertai dengan sasaran, yaitu tersusunnya mega proyek pelabuhan internasional Batulicin dan pusat perdagangan. Dan disertai dengan strategi yang memuat tentang pembuatan masterplan Batulicin internasional port and trade centre. Semoga dengan disampaikannya RPJPD dan RPJMD tersebut, bisa membangun Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat secara merata, Ujar Sekda.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved