Home » » 2 Pejabat Penting Telah Diamankan. Yang Lain ?

2 Pejabat Penting Telah Diamankan. Yang Lain ?

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 30 Juni 2011 | 07.58

BATULICIN- setelah mengamankan 2 pejabat Tinggi di Lingkungan Pemkab Tanbu, Saptono Soemadi, Mantan Kadishub Tanbu (era kepemimpinan Zairullah Azhar) yang kini menjabat sebagai Staf Ahli Mardani H. Maming Bupati Tanah Bumbu, dan juga A. Farhan selaku Kepala Dinas Tata Bangunan Pasar dan kebersihan Tanah Bumbu, sejumlah pihak mulai menanyakan, akankah kasus kasus lainnya yang juga sempat mengendap selama ini juga mampu di bongkar kembali oleh Kejari dan berani menyeret para tersangkanya ke Jeruji Besi.


Kasus yang menimpa Saptono Soemadi bersama Kontraktornya H. Sudungan. Bermula dari adanya dugaan Korupsi pada kegiata rehabilitasi konstruksi Bandar udara Batulicin di Tahun 2006-2007 lalu. Dimana dari kasus ini diperkirakan Negara mengalami kerugian hingga mencapai Rp.150.000.000., (seratus Lima Puluh Juta Rupiah).

Sementara bobroknya Proyek Multy Years Pengerjaan Pasar Satui Kecamatan Satui Tahun Anggaran 2007-2009. Telah mengantarkan Pengguna Anggaran Dinas Tata Bangunan Pertamanan pasar dan Kebersihan (DISTAPASHAN) atau Kepala Dinasnya, Drs A. Farhan M.Si yang sampai saat ini masih menempati posisi jabatan tersebut. Berikut Kontraktornya Dir. CV. Kharisma Agung, Yudi Hariyadi. Dari kasus Ini di duga Negara Mengalami Kerugian sekitar Rp.500.000.000,. (Lima Ratus Juta Rupiah).

“nah kasus lainnya bagaimana, sebut saja pengadaan ternak Sapi tahun Anggaran 2007 pada Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, yang juga diduga telah melibatkan sederet nama petinggi dinas itu, termasuk kepala dinasnya IR. Edward Turrahman. Beserta Kontraktornya yakni Ny. Aisyah. Dimana konon kabarnya dari Kasus ini Negara mengalami kerugian mencapai Rp.350.000.000. (Tiga ratus Lima Puluh Juta Rupiah). , apakah dalam waktu dekat ini juga akan segera di amankan, seperti kedua petinggi yang kini tengah mendekam di Rutan Kotabaru menjelang rampungya pemberkasan P21” ujar Aley warga Simpang Empat, ketika menanggapi kinerja Kejari saat ini.

Bahkan, satu kasus yang dinilai cukup menantang Kejari adalah terhadap dugaan Kasus Korupsi yang dilakukan oleh Kepala Sekolah SMKN 2 Tanah Bumbu. Atas nama Ribut Giono. Dimana Sejumlah saksi saksi telah menjalani pemeriksaan, termasuk mantan Kepala Dinas Pendidikan masa itu, Ir. Bakhriansyah MM yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Tanah Bumbu. Selain itu, Kepala Inspektorat Tanah Bumbu Ardiansyah Masda juga turut diperiksa, berikut sejumlah staf yang sebelumnya melakukan Audit terhadap Kasus ini. Dimana, berdasarkan temuan Inspektorat dari kasus ini Negara diperkirakan mengalami kerugian lebih dari Rp.300.000.000,. (Tiga Ratus Juta Rupiah).

Dari Pemeriksaan Kejaksaan Negeri Batulicin, terhadap kasus yang satu ini, untuk penetapan Tersangka, hal itu menguat kepada Kepala Sekolah SMKN 2 sendiri, yakni Ribut Giono. Yang menjadikan kasus ini cukup menantang, menurut sejumlah sumber yang enggan di beritakan, Ribut Giono merupakan salah seorang Tim Ahli Pemenangan Mardani-Defri beberapa waktu lalu, untuk satu wilayah tertentu di Kab. Tanah Bumbu.

“lalu bagaimana dengan kasus yang sempat mencuat beberapa tahun lalu, seperti pengadaan jasa Study Kelayakan Pembangunan Pelabuhan Samudera Batulicin dan System Jaringan Transportasi yang menghubungkannya di Tanah Bumbu sebesar Rp 900.000.000 telah dinilai BPK tidak sesuai Prosedur saat itu, jika kasus ini sudah dianggap selesai, sejauh mana penyelesaiannya. Begitu juga kasus pembangunan Terminal Kersik Putih senilai Rp 8.582.489.000.00 dilakukan dengan Penunjukan Langsung dan terdapat Indikasi Kerugian Daerah sebesar Rp 1.943.140.196,50,. Ini juga seperti apa juga masih mengundang Tanya kami selaku masyarakat tanbu. Termasuk temuan BPK di tahun 2007 lalu terkait pembangunan Gedung DPRD Tanbu senilai Rp 15.915.125.000.00 yang dilaksanakan dengan Penunjukan langsung dan terdapat Indikasi kerugian daerah sebesar Rp 2.263.547.022.00. semua ini merupakan temuan BPK RI di tahun 2007” ujar Aley..
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved