Home » » Bahaya narkoba mengancam Remaja

Bahaya narkoba mengancam Remaja

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 17 Juni 2011 | 12.17

BATULICIN - Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan Sosialisasi dan Penyuluhan Pencegahan Pemberantasan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 di Kalangan Guru dan Pelajar di Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (16/6) di Hotel Frenship Batulicin.


Kabid Pencegahan BNK Tanbu, Hj. Sumarni,S.Sos mengatakan sosialisasi dan penyuluhan ini dalam rangka melaksanakan program/kegiatan pencegahan, pemberantasan, penanggulangan dan peredaran gelap narkoba di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. Mengingat visi dan misi Kabupaten Tanah Bumbu bebas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba tahun 2015.

Adapun misi, ujar Sumarni yaitu meningkatkan koordinasi pelaksanaan, pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Meningkatkan keperdulian semua pihak dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran narkoba. Meningkatkan penegakan hukum dibidang narkoba secara tegas dan tuntas. Meningkatkan penelitian dan pengembangan dalam penyusunan database yang akurat dan membangun system informatika sesuai dengan perkembangan tekhnologi. Meningkatkan kualitas dan profesionalisme sumber daya manusia. Meningkatkan fasilitas, advokasi dan kerjasama dalam rangka pelaksanaan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Sedangkan tujuan dilaksanakannya sosialisasi dan penyuluhan ini, menurut Sumarni, yaitu mengembangkan program pencegahan dan penyalahgunaan narkotika dalam lingkup sekolah yang diaplikasikan dalam sebuah program bernama “anti drugs campaign goes to school” atau kampanye anti narkoba disekolah, mengembangkan kualitas dan potensi para pelajar dalam upaya menghindarkan diri dari pengaruh penyalahgunaan narkotika, memberikan informasi tentang pengaruh jangka panjang terhadap pemakaian narkotika yang dapat menyebabkan penurunan prestasi sekolah dan berbagai penyakit, dan memberikan pemahaman tentang peraturan mengenai larangan memakai narkotika yang dapat menimbulkan kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain.

Peserta Sosialisasi dan penyuluhan melibatkan Kepala Sekolah, Guru, dan Pelajar dilingkungan sekolahan.Dan pemateri dari Polres Tanah Bumbu dan Tokoh Agama. Pelaksanaan Sosialisasi dan penyuluhan ini, ujar Sumarni, sudah pernah juga dilakukan 4 (empat) kali. Yaitu di Kecamatan Kusan Hilir pada tanggal 08 Maret 2011 di Aula Hotel Putri Duyung, Kecamatan Kusan Hilir pada tanggal 23 April 2011 di RSUD Amanah Husada, Kecamatan Batulicin pada tanggal 16 Juni 2011 di Hotel Frenship Batulicin, serta di Kecamatan Angsana yang akan datang dilaksanakan.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Bumbu yang juga Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Tanbu, H. Difriadi Darjat, saat membuka sosialisasi P4GN dan UU no 35 tahun 2009, dalam sambutannya mengatakan untuk mencegah peredaran narkoba maka gerakan masyarakat harus dilibatkan. Semua komponen harus bergerak.

''Narkoba harus kita perangi secara bersama-sama baik itu dari lapisan kepolisian, masyarakat, pelajar, tokoh agama, camat, guru, dll'' ujarnya.

Osis (Organisasi Siswa Intra Sekolah) sebagai penggerak disekolah merupakan motor penggerak. Jika ada yang dicurigai dan memakai narkoba di sekolah bisa dilaporkan, ditindak, dan beri penyadaran bahaya narkoba. Kalau masih bisa dibina, maka perlu kita bina. Lingkungan Keluarga merupakan salah satu faktor yang bisa mencegah bahaya narkoba.

Selanjutnya, Wabup meminta kepada kepala sekolah dan guru agar bisa mengawasi prilaku anak didiknya. Disinilah, peran serta Kepsek dan harus ditingkatkan guna pencegahan peredaran narkoba dikalangan pelajar. Jika pelajar kita sudah kecanduan narkoba, maka bagaimana dengan nasib negeri ini kedepannya. ''negara bisa hancur jika generasi mudanya kecanduan narkoba. Narkoba bukan hanya merusak otak dan gangguan mental saja, namun juga bisa menimbulkan kematian bagi si penguna narkoba''. Ujarnya. Selain dikalangan pelajar, Wabup juga berharap agar sosialisasi ini juga dilakukan dilingkungan pertambangan. Karena dilingkungan seperti itu rawan sekali dengan peredaran narkoba.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved