Home » » Pemkab Tanbu Tawarkan 14 Raprda

Pemkab Tanbu Tawarkan 14 Raprda

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 17 Juni 2011 | 12.06

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu), Kalimantan Selatan menyampaikan 14 rancangan peraturan daerah (Raperda) kepada DPRD setempat sebagai salah satu dasar upaya peningkatan pelayanan masyarakat.untuk bisa di bentuk dalam kekuatan hukum Peraturan daerah yang baru.


Dari 14 Raperda tersebut, enam diantaranya adalah Raperda tentang tentang pembentukan desa, empat Raperda tentang pembentukan dan perubahan kelembagaan perangkat daerah, dan empat Raperda lagi tentang penyertaan modal.

"Setiap Raperda tentu memiliki aplikasi yang berbeda. Karena masing-masing juga mempunyai manfaat yang berbeda sebagai dasar pelayanan kepada masyarakat," kata Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming, melalui sambutanya yang dibacakan oleh Assisten bidang Ekonomi Pembangunan (Ekobang), ir Rahmadi.P, dalam sidang paripurna DPRD, di Batulicin, Kamis.

Raperda tentang pembentukan desa dimaksudkan sebagai dasar upaya membentuk pemerintahan desa secara definitif pada enam kecamatan yaitu, Karang Bintang, Sungai Loban, Satui, Kuranji, Mantewe, dan Kecamatan Batulicin. Raperda ini dianggap sejalan dengan peraturan Mendagri Nomor 72 tahun 2005 tentang Desa, dan peraturan daerah (Perda) Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 4 tahun 2007 tentang pembentukan, penghapusan, dan penggabungan desa serta perubahan status desa menjadi kelurahan.

Sementara empat Raperda tentang penyertaan modal antara lain terdiri atas penambahan penyertaan modal daerah ke dalam perusahaan daerah Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan,dan penyertaan modal daerah ke dalam modal perusahaan daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Simpang Empat. Selanjutnya penambahan penyertaan modal daerah ke dalam modal Perusahaan Daerah (Perusda) Agro Bersujud dan penambahan penyertaan modal daerah ke dalam Perusda Air Minum Bersujud. Raperda yang disampaikan kepada DPRD diharapkan dapat dibahas ke dalam forum lebih lanjut. Dan melalui sistem kerja sama yang baik antara lembaga pemerintah dengan DPRD dipastikan terbentuknya raperda akan dapat mempermudah layanan pada masyarakat menuju kesejahteraan yang lebih baik.

secara terperinci diketahui 6 buah Raperda yang dimaksud diantaranya tentang pembentukan desa Karang Rejo dikecamatan Karang Bintang, desa Sumber Makmur, desa Biduri Bersujud, desa Sumber sari, desa Wanasari, dan Desa Damar Indah di Kecamatan Sungai Loban. desa Sinar Bulan dan Desa Pendamaran Jaya di Kecamatan Satui. desa Ringkit di Kecamatan Kuranji, Desa Gunung Raya Kecamatan Mentwewe, desa Maju Bersama, desa Suka Maju, Desa Polewali Marajae, dan desa Danau Indah di Kecamatan Batulicin. dimana dari desa itu, saat ini bersetatus sebagai desa persiapan dan telah melaksanakan tugas pemerintahan desa secara umum. berdasarkan kajian secara tekhnis operasional maupun secara normatif, setatus desa pemekaran itu layak menjadi desa defenitif.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved