Home » » Rider Motor Trail Polres Tanbu, Jejal Kemampuan di 3 Days Adventure Enduro East Java

Rider Motor Trail Polres Tanbu, Jejal Kemampuan di 3 Days Adventure Enduro East Java

Written By Fokus Batulicin on Senin, 13 Juni 2011 | 09.12

BATULICIN- Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-65di Tahun 2011 kali ini, Polda jawa Timur (Jatim) menggelar Bhayangkara 3 Day Enduro yang mengambil rute Kota Batu hingga Bondowoso yang diperkirakan menghabiskan etape sepanjang 375 km. Sekitar 750 Rider menyemarakkan acara yang dihelat sepanjang 3 hari tersebut, dengan Rute yang dilalui merupakan jalur pegunungan, yang dibagi dalam 3 etape.


Etape I yaitu Kota Batu dan finish di Senduro Lumajang. Etape II yang berlangsung Sabtu (4/6) menempuh rute Senduro Lumajang - Jember dan dihari terakhir Minggu (5/6) atau Etape III menempuh rute Jember dan finish di Bondowoso. Masing-masing etape jarak tempuhnya yaitu 125 km.

Kapolda Jatim Irjend Dr Drs Untung S Rajab SH yang juga mantan Kapolda Kalimantan Selatan ini, memberangkatkan peserta Bhayangkara Enduro 3 Day langsung dari Alun-alun Kota Batu, Jum'at pagi (3/6) pukul 08.30 wib. Kapolda mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kemitraan polisi dengan masyarakat , utamanya dalam menampung para penghobi olah raga motortrail. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan lingkungan, serta lebih mengenalkan kondisi daerah dan masyarakat di pelosok.

"Rute yang dilalui memiliki medan yang cukup sulit karena hal ini berada di daerah pegunungan dan pantai yang jarang dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga kegiatan ini diharapkan dapat lebih mengenalkan kondisi di daerah. Sebab disana banyak potensi yang bisa digali dan dikembangkan untuk mendukung pembangunan nasional, terutama meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakatnya sendiri," ungkap Kapolda.

Kedepan diharapkan kegiatan semacam ini bisa terus berlangsung dan dijadikan agenda rutin dalam peringatan HUT Bhayangkara. Karena kegiatan ini baru pertama kali digelar, maka Kapolda mengakui masih banyak hal yang perlu dibenahi.

Bhayangkara 3 days enduro ini diikuti oleh ratusan anggota Polres dan Rider motor Trail se-indonesia. Dimana tak ketinggalan juga 11 Unit motor trail asal Tanah Bumbu Kalimantan Selatan juga turut ambil bagian dalam moment tahunan itu. 11 unit yang diturunkan beserta Raidernya diantaranya Kapolres Tanah Bumbu AKBP Winarto, Kompol Budianto,Wihelmus Helky, Mujianto, Agus Sujarwo, Puput Aripambudi, Agus Setyawan, Danar Pahlovy, Mr. Kopong, H.Ahmad Fahlovi, Koplak, dan M. Fadly.

11 Unit Motor Trail diberangkatkan satu minggu lebih awal sebelum event digeber, kemudian para rider menyusul pada hari H-1 langsung menuju Batu, setelah terbang dari bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Berbeda dengan suasana serta suhu cuaca dikota Batu, tak jadi penghalang bagi rider Kalsel ini, dengan menyatukan semangat dan tekad kebersamaan, para rider yang rata rata mengaku baru pertama kali terjun ke “musim panas ” Jawa Timur itu, mengaku sangat menikmati rute rute yang di wajibkan oleh Panitia.

“medannya cukup ekstrim juga, apalagi disaat kita berada di puncak gunung bromo, suasana pemandanganya yang indah, membuat ekstrimnya track track terjal tak menyiutkan nyali. Tapi justru menjadi candu, menjadikan kita tambah terus semangat hingga menuntaskan etape” ujar Agus Sujarwo, dari bagian Unit Satreskrim Polres Tanbu itu.

untuk peserta, dibagi pada dua kelompok, rider etape khusus hari pertama, serta rider hingga 3 etape secara keseluruhan, dimana untuk rider yang menyelesaikan hingga 3 etape itu diperkirakan hanya sekitar 500 orang, dengan menempuh perjalanan dengan 3 etape, yaitu alun alun Kota Batu menuju Senduro, lumajang yang terlebih dahulu melewati bocek, toyomerto, kayubebek, , mojorejo, jambek umbu dan Sukorejo, dilanjutkan kemudian hari Sabtu, dari kecamatan Senduro perjalanan ke gor jember. dan dari Jember menuju finish di pasir putih Situbondo.

Begitu diberangkatkan Kapolda Jatim, raungan sekitar 750 trail langsung menggebrak. Raungan khas trail yang begitu memecahkan suasana kota Batu yang pagi itu terasa dingin. Para rider yang datang dari berbagai daerah di Jatim dan Kalimantan tersebut mengaku sangat tertantang untuk menaklukkan rute sepanjang 375 km tersebut. Apalagi rute ini dikenal sangat menantang, terutama di beberapa titik, merupakan jalan terjal yang sangat terjal dan sempit. Namun dibeberapa titik lainnya dikenal sebagai rute happy fun.

Rute yang melalui kawasan pegunungan Semeru dan Argopuro tersebut pemandangannya sangat indah. Rute Batu - Bondowoso ini merupakan rute favorit Walikota Batu, Eddy Rumpoko, setiap liburan akhir pekan. Walikota batu, eddy rumpoko , menyambut senang even berpetualang ke 3 kota ini , dirinya yang juga ikut serta berharap agenda ini dapat terus diadakan setiap tahunnya , karena multi effectnya selain memberikan rezeki bagi warga kota batu , juga menjadikan kota batu sebagai pusat kunjungan wisatawan utamanya di jawa timur. Dalam perjalanan juga di lakukan kegiatan aksi social diantaranya , Donor darah , dan penanaman pohon yang dilakukan secara bersama sama oleh panitia , dan peserta Three days advanture Enduro.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved