Home » » 20.000 Mangrove ditanam di Pulau Burung

20.000 Mangrove ditanam di Pulau Burung

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 09 Juli 2011 | 08.55

BATULICIN: Dalam rangka memperingati Hari lingkungan Hidup se- Dunia 2011, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu bersama sejumlah pihak terkait dengan bekerjasama dengan salah satu perusahaan pertambangan di Tanah Bumbu melakukan penanaman dua puluh ribu pohon mangrove di Desa Pulau Burung kecamatan Simpang Empat, belum lama tadi.


Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming yang turut berhadir saat itu mengatakan, kekayaan alam keanekaragaman hayati yang dilimpahkan Tuhan YME, merupakan titipan kepada kita semua untuk dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang. Oleh sebab itu pemanfaatan hasil bumi, serta pengelolaan lingkungan menjadi tanggung jawab kita semua, yang tidak terbatas dalam wilayah administrasi suatu daerah bahkan suatu Negara Selain itu juga, mengingat pentingnya menjaga kelestarian keanekaragaman hayati, Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakatTanah Bumbu umumnya, dan masyarakat Desa Pulau Burung Khususnya untuk terus melestarikan lingkungan hidup secara terus menerus.

“mari kita bersama – sama menjaga bumi ini dari kerusakan, dan sudah sepatutnya sebagai makhluk Tuhan menjaga alam ini dengan memelihara lingkungan hidup serta ekosistemnya”, kata orang nomor satu di Tanah Bumbu ini.

Dengan potensi keanekaragaman hayati yang melimpah merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan bagi pembangunan ekonomi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. apabila pohon mangrove yang ada di pulau ini terjaga dari kerusakan, sudah pasti ekositem laut juga akan melimpah, seperti ikan dan lain – lain, sehingga hasil tangkapan nelayan juga akan meningkat. kegiatan seperti ini diharapkan tidak hanya dilakukan  sekali ini saja, akan tetapi terus – menerus dilakukan. terutama, menjadi perhatian serius bagi sejumlah perusahaan pertambangan, yang selama ini banyak melakukan eksploitasi dan eksplorasi di Tanah Bumbu, agar kerusakan lingkungan dapat terhindari  dan juga kelestarian lingkungan Hidup dapat terus terjaga .

Sadar dengan keindahan alam Pulau burung, Bupati berkeinginan menjadikan Pulau burung menjadi tempat wisata yang alami. “ nantinya pulau burung ini akan kita Tanami pohon buah – buahan serta akan di bjuatkan jalur khusus bersepeda, sehingga pulau ini dapat menarik para wisatawan untuk dating”, ujar Alumnus Fakultas Hukum Unlam ini.

Hutan mangrove di pesisir Kalimantan Selatan semakin berkurang akibat maraknya pembabatan dan alih fungsi hutan tersebut menjadi perlabuhan khusus dan tambak. Menurut data yang dimiliki Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalimantan Selatan (Kalsel) luas hutan mangrove yang rusak mencapai 44.939 hektare (ha).

Kerusakan tersebut belum termasuk yang beralih fungsi menjadi areal tambak secara ilegal di sejumlah daerah. Total luas lahan mangrove di kalsel mencapai sekitar 135.000 ha, membentang pada 1.600 kilometer (km) garis pantai di lima kabupaten, yaitu Barito Kuala, Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru. Dengan demikian, hutan mangrove yang rusak itu mencapai 30% dari total luas hutan mangrove yang dimiliki Kalsel. "Kerusakan hutan mangrove ini sangat memprihatinkan," kata Manager Kampanye Walhi Kalsel Dwitho Prasetyandi di Banjarmasin, Jumat (15/7).

Kerusakan hutan mangrove yang berfungsi sebagai pelindung pantai dan keseimbangan ekosistem tersebut, ujarnya, selain akibat alih fungsi menjadi pelabuhan khusus angkutan batu bara, juga menjadi perkebunan, areal tambak, dan penebangan liar. Hal serupa juga dikemukakan, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kalsel Rahmadi Kurdi. Menurutnya, kerusakan kawasan hutan mangrove menjadi perhatian serius Kementerian Lingkungan Hidup (LH). Bahkan, beberapa waktu lalu Tim Kementrian LH telah turun ke lokasi untuk melihat kondisi kerusakan hutan mangrove dan terumbu karang,akibat maraknya pelabuhan khusus di wilayah Tanah Bumbu.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved