Home » » 83 Petani Tanbu ke Kaltim

83 Petani Tanbu ke Kaltim

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 17 Juli 2011 | 11.10

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan mengirim sedikitnya 83 orang petani dan petugas penyuluh lapangan ke daerah Tenggarong, Kutai Karta Negara, Kalimantan Timur (Kaltim) guna menghadiri acara Pekan Nasional (PENAS) yang ke-13, Kontak Tani Nelayan Andalan 2011.


Kegiatan Penas akan berlangsung selama satu minggu, mulai 18 hingga 23 Juni 2011 yang juga di ikuti oleh kontengen para petani dan penyuluh pertanian dari daerah lain di seluruh Indonesia. "Kami sangat berterimakasih kepada petani dan penyuluh yang mengikuti acara PENAS. Semoga para peserta nantinya dapat memberikan kontribusi kemajuan daerah dalam bidang pertanian," kata Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming, saat melepas rombongan petani dan penyuluh dari lokasi Kantor Sekretariat daerah setempat, Kamis.

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah (BP3KPD), Kabupaten Tanah Bumbu, Drs H Rahmat.HM,M.Pd, juga mengatakan, tidak sedikit kegiatan petani yang akan dilakukan acara PENAS tesebut. Setiap bentuk kegiatan nantinya dimaksutkan untuk menambah wawasan petani mulai dari segi pengenalan perkembangan teknologi pertanian, peningkatan hasil produksi, dan sistem pengelolaan hasil produksi secara maksimal.

H Rahmat menambahkan, acara PENAS merupakan program rutin pemerintah pusat setiap dua tahun sekali. Ke ikut sertaan pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu tahun ini merupakan yang kedua kali sejak berdirinya kabupaten tersebut sekitar delapan tahun yang lalu. Dari 83 orang peserta yang dikirim dalam acara PENAS tersebut terdiri atas ketua Gapoktan sebanyak 10 orang, Penyuluh swadaya sebanyak dua orang, wanita tani empat orang, Ketua Luep dua orang, petani biasa 10 orang, petani teladan 3 orang, Ketua kelompok tani 30 orang, pemuda tani yang sebelumnya magang di Jepang dua orang, dan KTNA sebanyak dua orang. Jumlah biaya yang dikeluarkan untuk seluruh peserta mencapai Rp99.000.000 yang murni diambil dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) II.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved