Home » » Banjir Sungai Loban Tak Makan Korban Jiwa

Banjir Sungai Loban Tak Makan Korban Jiwa

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 19 Juli 2011 | 10.18

Banjir Sungai Loban yang berlangsung sejak Sabtu pagi lalu, kini sudah mulai surut. banjir yang disebabkan oleh hujan deras sebelumnya berlangsung selama tiga hari berturut-turut, Di sejumlah titik terendah ketinggian banjir sebelumnya sempat mencapai pinggang orang dewasa. Meski sudah mulai surut namun ketingian air yang menggenangi rumah warga masih berkisar 30 centimeter atau hampir mencapai ketinggian lutut orang dewasa.


Berdasarkan data petugas Satuan Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana (SRCPB), Kabupaten Tanah Bumbu, korban banjir di Sungai Loban seluruhnya mencapai 98 kepala keluarga (KK) atau sekitar 392 jiwa. Jumlah tersebut terbagi di lokasi Desa Sembamban Lama sebanyak 69 KK atau sekitar 276 jiwa, dan Desa Sebamban Baru sebanyak 29 KK yang setara dengan 116 jiwa. Namun tidak ditemukan adanya korban jiwa dalam musibah tersebut.

Meski ratusan rumah warga terlihat banyak teregenang banjir, namun tiak ada fasilitas umum dan sejumlah tempat ibadah mengalami kerusakan akibat musibah tersebut. Meski demikian, kondisi banjir mengakibatkan terganggunya aktiftas warga desa tersebut. Petugas SRCPB dan taruna siaga bencana (Tagana) masih berusaha mengungsikan korban banjir kelokasi yang lebih tinggi dengan mendirikan sejumlah posko. Bantuan logistik berupa kebutuhan sembako seperti beras, ikan asin, kecap, minyak goreng, gula, kopi, teh, dan telur masih terus disalurkan oleh jajaran pemerintah daerah kepada para korban banjir yang berada di dalam posko.

Untuk mempercepat pelayanan konsumsi petugaspun menyediakan fasilitas dapur umum terhadap para korban banjir. "Sementara ini bantuan masih bersifat untuk memenuhi kebutuhan dasar melalui dapur umum dan sejumlah posko. Kalau banjir sudah selesai baru nanti kami salurkan bantuan ke masing-masing keluarga korban banjir yang bersangkutan," kata Parhabudin, staf Badan Penaggulangan Becnana Kabupaten Tanah Bumbu, dilokasi tersebut.

Camat Sungai Loban, Mahriadi kepada Wartawan mengatakan, hari Selasa ini air sudah mulai surut secara berangsur angsur. hanya saja sebagian kecil di wilayah sebamban lama masih ada rumah warga yang terendam, namun tidak separah di hari banjir pertama terjadi ditempat itu.  
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved