Home » » Hindu Bali Tanbu, laksanakan Galungan

Hindu Bali Tanbu, laksanakan Galungan

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 09 Juli 2011 | 08.43

BATULICIN – Warga Hindu Bali yang berada di Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu merayakan Hari Raya Galungan, Rabu (6/7).

Perayaan Hari Raya Galungan tersebut tampak ramai karena selain dihadiri oleh warga desa Wanasari, juga dihadiri oleh warga Hindu Bali dari Desa lainnya yang berada di Kecamatan Sungai Loban. tema Peningkatan  Srada dan Bhakti Kepada Tuhan Dan Mempererat Semangat Gotong Royong Untuk Mensukseskan Pembangunan Desa, dianggap pas dengan kondisi saat ini. dimana dari segala aspek pembangunan, pemerintah daerah tengah memacu semangat kebersamaan dan gotong royong untuk mengaplikasikannya. dalam kegiatan tersebut, selain memperingati hari raya Galungan, warga Hindu Bali juga memperingati kedatangan mereka ke Desa Wanasari yang ke 31.


“Selain memperingati Hari Raya Galungan, mereka juga memperingati kedatangan mereka ke Desa Wanasari ke 31 tepatnya mereka datang pada tanggal 13 Juli 1980,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanbu, Drs. Abdul Karim.

Melalui momentum hari raya Galungan dan HUT ke 31 kedatangan ke Desa Wanasari ini, dikatakan Kadis Budpar Tanbu, semoga bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan diantara kita sebagai modal utama untuk melaksanakan cita-cita proklamasi 1945 dalam rangka mewujudkan keberhasilan pembangunan untuk meraih kemakmuran dan kesejahteraan hidup bersama. Kadisbudpar Tanbu juga mengajak untuk harus tetap waspada terhadap segala bentuk provokasi negatif, yang bertendensi ingin memecah belah rasa kebersamaan, sehingga dapat melemahkan tekad dan semangat kita untuk membangun daerah.

“Marilah kita bersama-sama merapatkan barisan untuk tetap bersatu padu, ringan sama dijinjing berat sama dipikul, yang berkonotasi pada aktivitas pembangunan, tanpa meninggalkan azas musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan,” ujar Karim, saat membacakan sambutan tertulis Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming.

Kadis Budpar Tanbu mengajak, untuk melihara rasa memiliki dan rasa kebersamaan. sehingga upaya orang-perorang atau sekelompok orang yang ingin mencerai-beraikan keutuhan semangat kita, akan dapat dihindarkan dengan sebaik-baiknya.

dari pantauan, dalam kegiatan Galungan kali ini, terlihat berjalan penuh khidmat khusuk dan ramai di ikuti oleh ratusan umat hindu yang ada di Kecamatan Sungai Loban dan sekitarnya. berikut lantunan doa doa terus menggema di iringi tetabuhan khas masyarakat Bali hingga tuntasnya acara sakral tahunan itu. salah seorang warga yang berhasil ditemui Wartawan, mengatakan. saat ini perayaan Galungan lebih meriah dari tahun sebelumnya. sehingga diharapkan kegiatan sakral ini mampu menciptakan keselarasan dan kedamaian yang lebih luas lagi baik antar umat beragama.

"kita berharap, tuhan mendengarkan doa kita hari ini, menghadirkan kedamaian dan kesucian dalam tiap hati dan jiwa kita. sehingga menerangi ke seluruh jasad kita untuk berbuat secara terus menerus terhadap kebaikan dan kebajikan. agar makna Galungan mampu kita tetap lestarikan dalam kehidupan kita sehari-hari" ujar I wayan Sudarma.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | EDHA KENCANA CORP | Batulicin
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved