Home » » Mardani Datangkan Pakar Hukum Demi Good Governance

Mardani Datangkan Pakar Hukum Demi Good Governance

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 01 Juli 2011 | 13.18

Guna memberikan pemahaman tentang Hukum terhadap Aparatur pemerintahan di Kabupaten Tanah Bumbu, Biro Hukum Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan rapat koordinasi penanganan perkara dan penyelesaian sengketa hukum, selasa (28/6).


Acara yang bertempat di aula rapat Setda Kab. Tanah Bumbu Lt.3, dibuka langsung oleh Bupati Tanah Bumbu, Mardani H. Maming yang di damping oleh Sekretaris Daerah Gusti Hidayat. Dalam sambutannya, Ia menginginkan peserta bisa mendapat pemahaman tentang hukum baik dari sisi peningkatan keilmuan maupun wawasan di bidang hokum secara menyeluruh, sehingga penanganan dan penyelesaian sengketa hokum yang dihadapi. Selain itu juga Ia optimis dengan adanya rapat koordinasi ini, pemerintah daerah akan dapat menciptakan suatu system pemerintahan yang benar – benar sadar dan melek hukum.

“Guna meningkatkan kesadaran hukum yang ada di lingkungan Pemerintah Daerah, maka perlu kiranya dilaksanakan rapat koordinasi seperti ini”,ucap Bupati termuda se Indonesia ini.

Bupati juga berharap kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan satu kali dalam setahun, namun ia meminta rapat koordinasi seperti ini dilaksanakan secara berkelanjutan, “kalau bisa rapat koordinasi tentang hokum seperti ini dapat dilaksankan tiga bulan sekali, karena manfaatnya sangat besar bagi pejabat daerah dalam melaksanakan proses pemerintahan”, katanya dengan mimik optimis.

Sebagai seorang Kepala Daerah yang masih berusia muda, Bupati meminta bimbingan dari para praktisi hokum yang hadir sebagai nara sumber dalam acara ini, sehingga diharapkan dapat melakukan tindakan preventif dalam penanganan perkara dan penyelesaian sengketa hukum di Kabupaten Tanah Bumbu. Bupati juga meminta perhatian secara khusus kepada para aparatur pemkab Tanbu kiranya benar-benar dapat mengikuti rakor ini dengan serius, karena ini menyangkut pembentukan system pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintahan yang bersih (clean governance) dalam rangka menegakkan keadilan dan kedaulatan hukum sebagai upaya untuk menciptakan kondisi masyarakat yang tertib, tenang dan tentram.

Adapun nara sumber yang hadir dalam rakor bidang hokum yakni, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin H.M. Mas’ud Halim SH.M.Hum yang menyampaikan materi tentang Hukum acara perdata. Selain itu juga tampil sebagai nara sumber kedua, yakni Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banjarmasin Muhammad Husain Rozarius, SH.MH, menyampaikan materi tentang Hukum Acara Peradilan Tata Usaha.

Sedangkan narasumber yang ketiga, menyampaikan materi tentang kuasa hokum pemerintah daerah, yang disampaikan oleh Kepala Biro Hukum Provinsi Kalimantan Selatan Sugiono Yajie. Sedangkan peserta rakor ini diikuti oleh seluruh aparatur pemerintah Kab. Tanah Bumbu Eselon III dan IV.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved