Home » » PNPM Bidik Pedeesaan, 2015 Optimis Kurangi Penduduk Miskin 9 Persen

PNPM Bidik Pedeesaan, 2015 Optimis Kurangi Penduduk Miskin 9 Persen

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 06 Juli 2011 | 19.17

Program Nasional Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) telah menjadi salah satu bukti program pemerintah yang mampu mendukung percepatan pembangunan daerah.


"Program ini memang untuk membantu masyarakat yang jauh dari kemapanan baik dari aspek sosial maupun finansial," kata Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Mardani H Maming melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Assisten II Bidang Ekonomi Pembangunan (Ekobang)," Rachmadi P.P, dalam acara Semiloka PNPM-MP anggaran 2011, di Batulicin, Selasa.

Sasaran PNPM-MP pada tahun ini akan lebih di utamakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di wilayah pedesaan. Melalui Semiloka juga diharapkan proses pengembangan kapasitas kelembagaan dan optimalisasi sumber keuangan daerah menjadi meningkat secara efektif dan efisien baik dalam hal perencanaan maupun penggunaanya. PNPM-MP merupakan program penanggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat.

Program ini dinilai pemerintah berhasil menyelesaikan persoalan lapangan kerja dan pendapatan bagi kelompok masyarakat miskin serta menumbuhkan kebersamaan masyarakat dalam hal pengelolaan pembangunan daerah. Menurut Rachmadi, sesuai dengan visi dan misi pemerintah Kabupaaten Tanah Bumbu Program PNPM-MP juga harus mampu membuka pola pikir masyarakat pedesaan supaya lebih mudah melihat peluang kerja yang ada disekitarnya.

Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah seiring terciptanya lapangan kerja baru yang mampu mereka kembangkan. Di Kabupaten Tanah Bumbu, katanya, jumlah masyarakat miskin saat ini masih berkisar 10 persen. Namun sesuai dengan rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) pemerintah mentargetkan jumlah tersebut berkurang menjadi sembilan persen pada 2015.

"Jumlah ini juga masih termasuk tinggi. Namun, ini sudah hal yang berat bagi pemerintah untuk menurunkan angka tersebut karena jumlah penduduk juga terus meningkat setiap tahunya," jelas Rachmadi
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved