Home » » Selesaikan Batas Desa Sebelum 2012

Selesaikan Batas Desa Sebelum 2012

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 01 Juli 2011 | 13.12

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming meminta seluruh kepala desa dapat segera menyelesaikan persengketaan batas desa hinga awal 2012 demi memudahkan dan penertibkan administrasi legalitas tanah masyarakat.


"Persengketaan batas desa terjadi hampir diseluruh Indonesia, namun di Tanah Bumbu kami harap dapat selesai pada awal 2012," kata Mardani pada saat silaturahmi, sekaligus menyaluran bantuan anak yatim, orang jompo, dan janda tua di Kecamatan Sungai Lobatan, Kemarin (29/6).

Bupati berharap pemerintah desa dan masyarakat tidak terjebak dalam masalah persengketaan lahan untuk menyelesaikan batas desa. Trayek batas yang ditetapkan berdasarkan hasil kesepakan masing-masing pemerintah desa dianggap tidak berpengaruh terhadap status kepemilikan lahan masyarakat yang ada di perbatasan.

Menurut bupati, jika ada lahan masyarakat yang nantinya masuk desa lain akibat ditetapkanya trayek batas desa yang bersangkutan maka yang perlu dirubah hanyalah administrasinya saja. Namu, jika status legalitas tanah yang bersangkutan tumpang tindih dengan pihak lain maka jalur penyelesaianya harus diserahkan ke pihak pengadilan. Bupati menambahkan tidak kewenangan pemerintah untuk menyelsaikan sengketa tumpang tindih lahan.

Pemerintah hanya berusaha menertibkan dan mempermudah jalur penyelesaian adminstrasinya saja supaya lahan masyarakat menjadi jelas pemiliknya. Melalui trayek batas desa yang telah disepakati bersama-sama oleh jajaran pemerintah desa terkait diharapkan tak ada lagi penerbitan segel oleh kepala desa tehadap lahan masyarakat diluar batas wilayahnya. Sehingga jalur kepengurusan administrasi lahan warga menjadi jelas dan mudah untuk dilakukan.

"Kami tidak ingin persoalan batas desa mengakibatkan masalah lain yang tidak kita inginkan. Apalagi, sampai menimbulkan konflik dan gejolak dimasyarakat," ujar bupati dalam acara tersebut.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved