Home » » 100 Paket Untuk Orang Tidak Mampu

100 Paket Untuk Orang Tidak Mampu

Written By Fokus Batulicin on Senin, 01 Agustus 2011 | 19.21

BATULICIN – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar pasar rakyat dalam rangka peringatan hari koperasi dan menyambut bulan suci ramadhan 1432 Hijriah, Sabtu (30/7) di Halaman Kantor Desa Baroqah Kecamatan Simpang Empat.


Pasar rakyat tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Difriadi Darjat dengan didampingi Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Tanbu Ir. Akhmad Rizali, staf Ahli Bupati, dan pejabat dilingkungan pemkab Tanah Bumbu.

Kadis Perindagkop dan UKM Ir. Akhmad Rizali mengatakan pasar rakyat ini dilaksanakan untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu menjelang bulang ramadhan. Untuk kegiatan pasar murah ini, menurut Rizali, hanya dilaksanakan selama satu hari saja, yaitu di Desa Baroqah Kecamatan Simpang Empat. Sedangkan untuk Kecamatan lainnya, ujar Rizali, memasuki bulan ramadhan nanti, Dinas Perindagkop dan UKM kembali akan mengelar pasar murah yang akan dilaksanakan di 10 Kecamatan.

“memasuki bulan ramadhan, kita juga akan menggelar pasar murah di 10 (sepuluh) Kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu. Hal ini semata-mata hanya untuk membantu masyarakat kita yang kurang mampu,” ujar Rizali.

Untuk pasar rakyat yang dilaksanakan pada hari ini, menurut Rizali, ada sekitar 1000 paket sembako yang disediakan. Dan kegiatan ini terlaksana karena dukungan dari Dharma Wanita Persatuan Tanbu serta dari Badan Pelaksana Penyuluh Prtanian dan Ketahanan Pangan Tanbu serta dari pihak lain yang iktu berpartisipasi.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Bumbu, Drs. Difriadi Darjat dalam sambutannya mengucapkan terimakasihnya kepada Disperindagkop dan pihak terkait yang sudah melaksanakan kegiatan pasar rakyat ini sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk bisa membantu masyarakat dalam memasuki bulan ramadhan dimana kebutuhan akan barang meningkat naik. Dengan digelarnya pasar rakyat ini sehingga membantu masyarakat kurang mampu dalam membeli kebutuhan sembako dengan harga yang murah dan terjangkau. Wabup berharap, kegiatan ini benar-benar bisa dirasakan dampaknya oleh masyarakat kita yang kurang mampu.

Kepada yang punya kemampuan berlebih dan berkecukupan, Wabup menghimbau agar tidak ikut membeli, karena pasar rakyat ini untuk masyarakat yang benar – benar tidak mampu dan membutuhkan, sehingga kegiatan ini tepat sasaran. “bagi masyarakat kita yang kurang mampu dan memerlukan, selisih Rp. 1000 itu begitu penting bagi mereka. Oleh karena itu, kepada yang memiliki kemampuan berlebih dan masih merasa berkecukupan untuk tidak ikut membeli,” himbau Wabup.

Selain itu, Wabup juga berharap kepada masyarakat, agar bulan puasa dijadikan sebagai ajang untuk menahan diri. bulan puasa kita dianjurkan untuk mengendalikan diri, ternyata dibulan puasa kita belanja lebih banyak dari pada dibulan-bulan lainnya. Dan ternyata kita tidak mampu untuk menahan diri. oleh karena itu, dibulan puasa ini jangan sampai menghabiskan uang untuk keperluan yang tidak perlu, lebih baik uang itu digunakan untuk kebutuhan yang produktif bukan konsumtif .

Kemudian kepada para pedagang, terutama kepada pedagang-pedagang besar, Wabup menghimbau agar jangan menimbun barang untuk kepentingan pribadi. Karena ini sangat penting sekali sehingga barang tidak menjadi langka.

“untuk mencegah terjadinya kelangkaan barang akibat penimbunan, pemerintah nantinya akan melakukan pemeriksaan,” tegas Wabup. Dari pantaua dilapangan, barang kebutuhan pokok yang dijual dipasar rakyat yaitu gula pasir, minyak goreng, susu kaleng, syrup, terigu, beras, telur, mie instans, minyak tanah, kopi, margarine, the, agar-agar, dan lainnya. Sedangkan untuk selisih perbandingan harga dipasaran yang dijual dipasar rakyat berkisar antara Rp. 5000 sampai Rp. 1000,-.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved