Home » » APBD Tanbu bakal Kena Pangkas 15 Persen

APBD Tanbu bakal Kena Pangkas 15 Persen

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 19 Agustus 2011 | 10.44

BATULICIN- melihat dan menyikapi perjalanan APBD 2011 selama periode Januari-Juni 2011, Bupati Mardani H. Maming berencana akan memangkas anggaran setiap SKPD sebesar 15 persen. Hal ini untuk menghindari terjadinya Defisit APBD yang tidak wajar. Perencanaan tersebut, dalam waktu dekat ini akan segera diajukan di meja DPRD, berharap mendapat persetujuan dari semua fraksi yang berkantor ditempat tersebut.


 “ini sebuah pelajaran bagi setiap SKPD dalam membuat perencanaan anggaran, sehingga pada tahun mendatang setiap SKPD mampu membuat perencanaan anggaran yang realistis, bukan fantastis. Wajar, dan tidak neko-neko. Artinya, dengan adanya pengurangan APBD 2011 pada Anggaran perubahan ini SKPD bisa melihat mana yang prioritas dan mana kegiatan yang dinilai masih belum perlu dilakukan atau belum saatnya, atau tidak mencukupi waktu pelaksanaan” ujar Mardani H. Maming saat di konfirmasi dikediamannya belum lama tadi.

 Sementara itu Sekda kab Tanbu, H. Gusti Hidayat mengatakan, pemangkasan itu bukan berarti membatalkan atau menghentikan segala kegiatan SKPD yang sudah berjalan selama enam bulan ini, begitupula adanya rencana pengurangan APBD 15 Persen ini bukan atas dasar keinginan Bupati ataupun Sekda. Akan tetapi sudah melalui beberapa tahapan yang melibatkan seluruh SKPD. Dicontohkan Sekda, sebelumnya seluruh SKPD telah melakukan Evaluasi kegiatan dan Anggaran. Sehingga dari evaluasi tersebut diketahui banyak kegiatan yang bakal tidak mampu diselesaikan hingga penghujung tahun, mengingat keterbatasan sisa waktu yang ada. Selain itu, beberapa perjalanan dinas yang bakal dilakukan juga dilihat banyak tidak perlu atau tidak memungkinkan untuk dilakukan. Dengan alas an melihat aspek manfaat, dan ketersediaan anggaran yang ada.

 “dari pengalaman tahun lalu APBD 2011 kita 628 Milyar,. Sementara pagu APBD 2011 kita dipatok 839 milyar. Sementara PAD kita ditarget mencapai 700 milyar. Melihat sampai dengan pertengah Juni ini saja kita baru memiliki pendapatan sebesar 443 milyar, sehingga kita menilai kalau Belanja daerah kita masih terlalu sangat besar . sementara utang peninggalan tahun lalu kita masih punya sebesar 32 Milyar. Dan itu berdasarkan Instruksi Bupati harus dilunasi pada tahun ini juga” ujar Sekda Kab Tanbu.

 Dimana ditaksir dengan perhitungan sementara jika APBD 2011 mampu dipangkas sebesar 15 persen dan nantinya mendapat persetujuan dari DPRD, maka setidaknya jika diwujudkan dalam bentuk rupiah, dari 15 persen tersebut maka diketahui APBD Tanbu bakal dikurangi sebesar 110 milyar. Dengan tujuan jikapun terjadi defisit anggaran pada akhir tahun nanti, masih dalam batas kewajaran.

 Dilain pihak Ketua DPRD Tanah Bumbu Burhanuddin S.Sos menilai sikap pemerintah eksekutif yang berniat melakukan pengurangan APBD pada perencanaan perubahan Anggaran 2011 ini adalah hal yang wajar untuk menghindari terjadinya indikasi kesalahan dalam penyampaian laporan keuangan yang berujung pada praktik Korupsi. Lantaran program atau proyek yang dilaksanakan bersifat fiktif.

“itu merupakan langkah yang cukup positif saya kira” ujar Burhanuddin kemarin.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved