Home » »

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 12 Agustus 2011 | 21.36

Batulicin, - Keberadaan pasar murah yang berlangsung dilokasi TK Pembina Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan sejak pagi tampak ramai dipadati pengunjung. Pelaksanaan pasar murah dibuka secara langsung Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Hayatun Fardah Rudy Ariffin, yang sekaligus melakukan kunjungan Safari Ramadhan kedaerah tersebut, Rabu.


"Safari ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan setiap tahun diseluruh Kalsel. Namun untuk Tanah Bumbu ini baru yang pertama kali," kata Hayatun Fardah, dilokasi pasar murah tersebut.

Selain pasar murah, pelaksanaan Safari Ramadhan yang dibuka secara langsung isteri Gubernur Kalsel tersebut juga dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan pelayanan KB, pemeriksaan kesehatan bagi kalangan ibu hamil, dan sunatan masal.

Kegiatan ini terselenggara berkat hasil kerjasamanya dengan pihak Perkumpulan Mulia Sejahtera dari kalangan etnis TIONGHOA Kota Banjarmasin, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Provinsi dan Kabupaten, serta lembaga BKKBN.

Dalam kegiatan itu panitia pasar murah Provinsi Kalimantan Selatan menyediakan dua jenis peket kebutuhan Sembako yang dibagikan secara khusus kepada masyarakat kurang mampu. Jenis paket yang pertama berisi minyak goreng, gula pasir dan mie instan dijual kepada warga dengan harga Rp15.000 atau separo lebih murah dibandingkan harga normal yang mencapai Rp36.000.

Sedangkan peket yang kedua diberikan secara gratis kepada kalangan masyarakat mengikuti pelayanan KB dilokasi tersebut dengan cara pemasangan Implan. Sementara itu, panitia pasar murah dari Tanah Bumbu sendiri juga tidak ketinggalan menyediakan jenis sembako lain seperti tepung bogasari, kacang tanah susu indomilk, kopi, beras, minyak goreng, dan berbagai jenis syrup yang juga dijual dijual khusus untuk kalangan warga kurang mampu.

Selisih harga yang tersedia berkisar antara Rp2000 hingga Rp3000 yang jauh lebih murah dibandingkan harga normal yang ada di pasaran. Seperti minyak goreng merk Filma dan Tropikal dijual dengan harga Rp12.000 per liter, susu indomilk Rp7000 per kaleng, kacang tanah Rp15.000 per kilogram, tepung bogasari Rp7000 per kilogram, gula pasir Rp8000 per kilogram, syrup nasional Rp8000 per botol, dan syrup ABC Rp11.000 per botol.

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK, Kabupaten Tanah Bumbu, Hj Erwinda Mardani H Maming, mengatakan, bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat bagi warga untuk lebih meningkatkan hubungan tali persaudaraan. Melalui pelaksanaan pasar murah yang digelar secara khusus untuk kalangan masyarakat kurang mampu diharpkan mampu lebih meningkatkan silaturahmi demi terwujudnya kesejahteraan bersama.

"Berlangsungnya pasar murah untuk memberi pelayanan kepada masyarakat kurang mampu. Mari jadikan momen ini sebagai ajang meningkatan tali silaturahmi menuju masyarakat yang adil dan sejahtera," katanya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved