Home » » kerjasama Karet PTPN XIII-Pemkab Tanbu Berlanjut ke MOU

kerjasama Karet PTPN XIII-Pemkab Tanbu Berlanjut ke MOU

Written By Fokus Batulicin on Senin, 15 Agustus 2011 | 14.48

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu), Kalimantan Selatan telah membuat kesepakatan atau MoU dengan PT PN XIII untuk mendirikan perusahaan kebun karet di Kecamatan Karang Bintang. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming dalam kunjungan Safari Ramadhan di Masjid Al-Muhajirin Desa Sungai Loban dan Masjid Al-Falah, Desa Dwi Marga Utama, Kecamatan Sungai Loban, Rabu (14/8) malam.


  "Sesuai visi-misi pemerintah saat ini kami juga berkomitmen untuk lebih meningkatkan kesejahteraan petani. Pendirian perusahaan hasil perkebunan karet sudah kami sepakati bersama PT PN XIII yang insya Allah 2012 sudah akan beroperasi," katanya.

  Bupati menambahkan, perusahaan kebun karet sengaja ditempatkan dilokasi yang terdapat kebun karet relatif luas. Perusahaan itu diharapkan mampu mengakomodir proses jual beli hasil kabun karet petani yang ada di seluruh daerah tersebut. Bupati menjelaskan, sekitar 50 persen saham perusahaan kebun karet akan dimiliki pihak pemerintah dearah dan sisanya adalah milik PT PN XIII. Perusahaan itu dipastikan mampu menghemat biaya transportasi penjualan karet yang selama ini sering dilakukan petani ke wilayah Kota Banjarmasin, pusat Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

"Ini juga merupakan strategi meningkatkan hasil petani karet. Kalau mereka tidak lagi menjual hasil kebun dengan jarak cukup jauh sekitar 270 km ke Kota Banjarmasin maka pengeluaranya juga makin sedikit. Sehingga, penghasilanya jadi maksimal," jelas bupati usai ibadah Sholat Taroweh di Masjid Al-Falah.

Dalam hal yang sama, tambah bupati, pemerintah juga berencana menderikan perusahaan kebun kelapa sawit. Namun tahap palaksanaanya masih dalam negosisasi dengan pihak investor dan tahap penjajakan atau study kelayakan bersama instansi terkait.

"Untuk perusahaan kelapa sawit kami masih melakukan nego dan tahap study kelayakan. Sebagaimana perusahaan karet, perusahaan kelapa sawit rencananya juga kami dirikan dilokasi yang terdapat kebun sawit cukup luas," paparnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved