Home » » Pagatan, Sungai Loban dan Angsana Daerah Rawan Lakalantas

Pagatan, Sungai Loban dan Angsana Daerah Rawan Lakalantas

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 27 Agustus 2011 | 11.19

BATULICIN- Sejak Jumat (26/8) Pagi ratusan kendaraan roda dua yang digunakan oleh Masyarakat Bumi Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu mulai bergerak ramai menuju kota Banjarmasin.

Selain dari Tanah Bumbu, para pemudik asal Kotabaru Bumi Saijaan juga mulai terlihat cukup padat keluar dari gerbang pelabuhan penyeberangan kapal ferry Kotabaru-Batulicin pada hari yang sama. Pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua ini secara sporadis sesekali terlihat menumpuk di pinggiran jalan raya untuk beristirahat sejenak,untuk kemudian melanjutkan perjalanan lagi. Mengingat jalur yang harus mereka tempuh terhitung cukup panjang hingga ratusan kilometer atau setidaknya mereka akan menghabiskan waktu kurang lebih 4 atau 5 jam perjalanan.


 Khusus untuk menangani kemacetan lalulintas dan lakalantas di Tanah Bumbu, Polres Tanah Bumbu melalui Satlantas setempat sudah melakukan antisipasi jauh jauh hari, terhitung sejak tanggal 24 Agustus lalu, dengan menggalang kerjasama lintas sektor untuk mendirikan sejumlah posko pengamanan serta posko kesehatan, yang di letakkan disekitar titik rawan.

Diungkapkan Kapolres Tanah Bumbu AKBP Winarto usai menggelar Upacara Ops Ketupat Intan 2011 di halaman Mapolres Tanbu, jumlah lakalantas lebih tinggi terjadi pada pengguna kendaraan roda dua jika dibandingkan dengan kendaraan roda empat. Untuk itu para pengguna kendaraan roda dua selalu diminta untuk hati-hati pada sejumlah titik rawan lakalantas seperti tikungan tajam, ataupun jalan lurus. Selain itu, mereka juga dihimbau untuk tidak membawa barang bawaan dalam jumlah besar. Hal ini dinilai kerap menjadi salah satu penyebab kecelakaan.
Sementara Kasatlantas Polres Tanah Bumbu AKP Moerdilly melalui Kasubag Humas Polres Tanbu AKP Ana Setiani mengatakan Polres Tanah Bumbu telah membangun sedikitnya 4 buah Poskotis, yang bertujuan untuk memberikan pelayanan publik kepada pengguna jalan raya, terutama pada musim mudik lebaran Idul Fitri 1432 H 2011 ini.

 Poskotis tersebut dijelaskan Ana Setiani, didirikan di depan pusat perbelanjaan Pasar Minggu Batulicin, Tikungan jembatan Kota Pagatan, dan Satui. Serta ditambah dengan sejumlah Polsek Polsek yang ada di tiap kecamatan. Terutama Polsek-Polsek yang dibangun tepat disekitar jalan Raya, Baik dari Simpang Empat, Batulicin, Kusan Hilir, Sungailoban, Angsana maupun Polsek Satui.

“Sejumlah titik rawan yang kerap memakan korban lakalantas, masih menjadi perhatian utama kita. Sehingga para pengguna jalan diharapkan tetap waspada dan ekstra berhati-hati ketika akan melintasi jalur tersebut. Diantaranya berada disejumlah jalanraya Kusan Hilir Pagatan menuju Sungai Loban, kemudian dari Jalan Raya Sungai Loban menuju Angsana, Angsana menuju Satui.” Ucap AKP Moerdilly, kemarin kepada wartawan ketika dihubungi melalui ponselnya.

 Menurut AKP Moerdilly, yang baru saja bertugas kembali di Tanah Bumbu selepas mengabdi di Poltabes Banjarmasin ini, pada daerah yang dimaksud itu banyak terdapat tikungan tajam, jalan berlubang, jalan lurus, serta jalan yang tidak terlalu lebar. Dimana pada titik rawan ini kerap memakan korban lakalantas tiap tahunnya.

AKP Ana Setiani menambahkan, selain pada 3 Kecamatan tersebut, sejumlah titik rawan Lakalantas lainnya juga berada pada poros jalan raya Serongga perbatasan Tanah Bumbu. karena tempat ini merupakan jalan mulus dengan tikungan tajam yang cukup banyak. Kawasan rawan laka lainnya, adalah Desa Sekapuk Angsana.

 “pada tempat tempat rawan ini, kita telah memasang rambu lalulintas, serta ditambah dengan sejumlah sepanduk peringatan lainnya, yang diharapkan bisa menekan angka lakalantas. Selian itu pada Poskotis ataupun Polsek, jika pengguna jalanraya merasa kelelahan dihimbau untuk tidak merasa malu atau segan untuk beristirahat pada pos yang telah disiapkan” tambah Moerdilly.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved