Home » » Tanbu Masih Kekurangan Air Bersih

Tanbu Masih Kekurangan Air Bersih

Written By Fokus Batulicin on Senin, 01 Agustus 2011 | 19.38

Batulicin,27/7 (Humas Tanbu) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) Kalimantran Selatan masih perlu penambahan penyertan modal untuk lebih meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat. Hal itu disampaikan oleh Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Dearah (Sekda) setempat, Drs Gusti Hidayat menaggapi pandangan umum sejumlah fraksi DPRD terhadap 14 Raperda 2011 melalui sidang paripurna yang kedua di Batulicin, Rabu.


Sekda mengakui, selama tujuh bulan pelayanan air bersih nyaris sempat tidak mengalir akibat kebutuhan yang saat ini tidak seimbang dengan kapasitas produksi. Dengan adanya penambahan penyertaan modal dipastikan pemerintah mampu lebih serius meningkatkan pelayanan air bersih di masyarakat melalui penambahan jaringan instalasi dan jalur distribusinya. Kapasitas produksi air yang dihasilkan melalui layanan perusahaaan daerah air minum (PDAM) hanya sekitar 20 liter per detik. Sementara kondisi mesin saat ini juga belum optimal. Namun demikian, pihaknya terus berupaya melakukan antisipasi kendala palayanan melalui proses perbaikan mesin. Dalam waktu 15 hari kedepan kondisi mesin dipastikan sudah lebih baik dan tiga bulan kemudian instalasi air yang lama dengan kapasitas 10 liter per detik dapat dioperasikan.

"Kami sangat berharap dengan tambahan penyertaan modal secara bertahap bisa memfasilitasi keperluan masyarakat. Karena kapasitas air bersih yang dibutuhkan saat ini sudah mencapai lebih 40 liter per detik," tegas Sekda.

Menyinggung mekanisme pengawasan modal daerah terhadap PDAM Sekdapun menjelaskan untuk proses audit BPKP tahun anggaran 2010 sudah diajukan dan tinggal menunggu hasilnya. Pengangkatan direksi PDAM Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu yang baru juga segera dilaksanakan dan sistem pengawasannya bupati menunjuk pejabat dari dinas Pekerjaan Umum (PU), Bappeda, dan Bagian Hukum.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved