Home » » 2011 Utang Lunas,.. 2012 Bupati Tanbu Target WTP

2011 Utang Lunas,.. 2012 Bupati Tanbu Target WTP

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 15 September 2011 | 20.33

2012, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengharapakan kepada Seluruh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) mampu meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan pemerintahan daerah dan perusahaan daerah dalam menuju good governance serta mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah sejak dini, demi meraih target WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari hasil audit BPKP.


Hal itu disampaikan oleh Bupati, ditengah kata sambutannya dalam menanggapi pandangan umum fraksi fraksi di DPRD dalam menyikpai LKPD Tahun 2010 di gedung DPRD Tanbu, jalan Sepunggur, Batulicin Kamis (15/9) kemarin.

Bupati Mardani H. Maming, mengatakan peningkatan kualitas penyelenggaraan bidang pengelolaan dan keuangan daerah,serta meningkatkan kualitas SDM aparatur pemerintah daerah adalah kunci keberhasilan Tanah Bumbu dalam meraih predikat WTP tersebut. Selain itu, saat ini untuk ukuran sebuah kabupaten baru, Tanah Bumbu belum terlalu banyak memiliki asset yang harus dipertanggung jawabkan.

Sehingga tidak terlalu sulit untuk meraih predikat WTP dari BPKP. Termasuk, salah satunya adalah dengan menggenjot kinerja pemerintah daerah dalam menggali segala potensi daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Hal ini selain bertujuan sebagai modal dasar untuk meningkatkan kualitas pembangunan, baik bidang infrastruktur fisik, pendidikan, kesehatan dan lainnya, juga untuk melunasi segala utang daerah.

“Alhamdulillah tahun ini Utang daerah Tanah Bumbu telah kita lunasi, satu beban pemerintah telah terlepaskan, ini sebuah prestasi yang membanggakan. Selebihnya untuk proyek pengerjaan fisik lainnya yang dinilai bermasalah kita meminta kembali dilakukan Audit oleh BPKP, setelah itu, kita stop dan baru akan kita lelang kembali di Tahun 2012. Semntara yang lolos dari Audit, semuanya segera akan kita lanjutkan kembali” papar Bupati.

Menurut Bupati, kualitas dan kemampuan aparatur pemerintah merupakan suatu hal yang sangat menentukan dalam melaksanakan penyelenggaraan tugas pemerintahan umum dan pembangunan secara efesien, efektif, dan terpadu. Karenanya, Pemerintah Daerah telah menjalin kerjasama dengan pihak BPKP untuk terus memberikan bimbingan dan arahan yang dinilai sangat perlu, agar kemampuan aparatur pemerintah semakin meningkat, seiring dengan semakin pesatnya pembangunan yang dibarengi pengelolaan keuangan yang akuntabel, transparan, efektif, dan efesien.

Mengawali gerakan tersebut, Salah satu langkah mengejar WTP tersebut, ujar Bupati, setiap SKPD harus menandatangani perjanjian kontrak kerjasama, dan berlaku untuk seluruh SKPD.

Dilain pihak, sebelumnya eputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan dan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Imam Bastari, ketika berada di Tanah Bumbu mengatakan untuk menuju WTP harus ada komitmen. Bukan dengan rekayasa. Manajemen pengelolaan keuangan harus betul-betul dilaksanakan secara profesional.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved