Home » » Nyaris Tembus Perbatasan Tanbu-Banjar

Nyaris Tembus Perbatasan Tanbu-Banjar

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 13 Oktober 2011 | 12.18

Batulicin- Meskipun merupakan olahraga baru di Tanah Bumbu, ternyata gelaran Adventure Motor Trail dengan tema Vilage Advnture Tour 2011 oleh Loban Trail Community di Sungai Loban 24 September lalu, cukup ramai di jubeli para peserta yang bukan hanya berasal dari local Tanah Bumbu sendiri, akan tetapi juga dihadiri oleh sejumlah Rider asal luar Bumi Bersujud, seperti Kotabaru, Plaihari dan daerah sekitarnya.


Meskipun tak memenuhi target jumlah peserta hingga mencapai 200 orang, namun dengan jumlah 150 peserta itu saja, acara sudah bisa dilangsungkan dengan cukup seru dan pastinya sangat menantang adrenalin. Selain disajikan menu special berupa lumpur dan kubangan di areal perbukitan kelapa sawit, peserta juga “dimanjakan” dengan tantanngan semi ekstrem berupa Sungai Kusan yang terkenal memiliki aliran yang cukup deras.

Sungai Kusan dengan lebar lebih dari 50 meter itu, harus ditaklukan beserta licinnya bebatuan yang menganga dari dasar sungai. Arus yang cukup deras sore (24/9) itu membuat para rider harus mengaku kehilangan tenaga 50 persen untuk melanjutkan perjalanan menuju finish. Apalagi, setelah lolos dari seretan arus sungai, Riders juga diwajibkan menempuh longtrack-longspeed hingga nyaris menuju perbatasan Tanah Bumbu-kabupaten banjar.

“asli seru, meskipun pada event kali ini tidak diguyur hujan, akan tetapi tantangan lainnya juga cukup menggigit dan mengguncang adrenalin, terutama Sungai berbatu plus arusnya yang kenceng dan juga laut dengan batu karangnya yang cukup cadas. “papar Supri Rider asal Kotabaru Serongga ini, yang datang dengan puluhan Riders satu kampungnya.

Event kali ini mengambil lokasi start dilapangan bola Sarimulaya, kemudian menuju perjalanan dengan rute menembus desa Margamulya Blok D, Sarimulya Blok B, Sarimulya Blok G, Desa Mustika, girirmulya, Kuranji Kecamatan Kuranji, waringin Tunggal, Tapus Kecamatan Kusan hulu, Kundur, Teras Agro, Mangkalapai, Mamalin, Batu Melanai, Jln MSTB, Agro, Batu Meranti, Trimartani, Kertabuana, Dwimarga, Sungai Dua laut, finish memasuki kembali lapangan Sarimulya.

Dari 3 Kecamatan yang dilalui, diakui para Riders, tantangan yang cukup berat adalah melalui jalan berkelok di kecamatan kusan hulu, yang diketahui lengkap memiliki tanjakan turunan, dan juga kubangan eksterm, kemudian sungai Kusan, serta Pantai Sungai Dua. Dari pantauan Wartawan, para Riders banyak yang terjebak di Sungai Kusan hingga terpaksa kendaraan mereka yang rata-rata berupa kendaraan underborn (rakitan) harus dibopong menuju mobil dablecabin milik panitia, lantaran terseret air, jatuh hingga merusak bagian dalam onderdil kendaraan.

Kapolsek Sungailoban, AKP Deny yang juga Ketua Panitia pelaksana Event bergengsi ini, mengatakan. sebenarnya event kali ini merupakan event bulanan rutin, yang kebetulan saja ada sejumlah pihak sponsor yang ingin memberikan dorprice bagi peserta, sehingga memungkinkan dijadikan event tahunan dikemudian hari. hal ini dilihat dari antusias dan besarnya animo dari masyarakat Kalsel terumat masyarakat Bumi Bersujud dan sekitarnya, seperti Kotabaru, Plaihari dan lainnya.

"saya sangat berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini dengan sukses" ucap Deny. 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved