Home » » Tahu nama Menkumham, Langsung Dapat Dorprice

Tahu nama Menkumham, Langsung Dapat Dorprice

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 13 Oktober 2011 | 12.24

Nama Menteri Hukum dan HAM RI begitu familiar dikalangan pelajar Kabupaten Tanah Bumbu Propinsi Kalimantan Selatan. Hal tersebut terlihat saat Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming melemparkan pertanyaan siapa nama Menteri Hukum dan HAM RI saat pembukaan Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) tahun 2011, Kamis (13/10) pagi di Mahligai Bersujud, Kapet.

Hasilnya, peserta yang terdiri dari 10 grup pun berebut menjawab nama Menkumham. dan yang beruntung menjawab nama Menkumham RI Patrialis Akbar berasal dari SMAN 1 Simpang Empat dan mendapat bonus berupa uang tunai dari Bupati Mardani H Maming sebesar Rp. 1 juta.


Selain itu, untuk lebih mengenai sasaran agar sadar akan hukum, panitia lomba Kadarkum memberikan nama kepada masing-masing grup dengan nama TAAT, JUJUR, SADAR, INSAF, TERTIB, DAMAI, SEJAHTERA, SENTOSA, BAHAGIA dan ADIL. Kabag Hukum Setda Tanbu, Muchlis,SH mengatakan lomba Kadarkum tahun 2011 dilaksanakan oleh Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Kalimantan Selatan.

Lomba dilaksanakan selama sehari dan diikuti oleh pelajar SMA dan SMK di 3 Kecamatan di Tanah Bumbu yaitu Kecamatan Batulicin, Kecamatan Simpang Empat, dan Kecamatan Kusan Hilir. Tujuan pelaksanaan kegiatan lomba kadarkum, ujar Muchlis, untuk memajukan dan meningkatkan kesadaran hukum bagi warga masyarakat di Tanbu. Adapun materi lomba yaitu UU no 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, UU no 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, UU no 14 2008 tentang keterbukaan informasi publik, UU no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, serta UU no 35 tahun 2009 tantang narkotika. Dikatakan Mukchlis, Pemenang lomba akan mewakili Tanbu mengikuti lomba Kadarkum tingkat propinsi Kalimantan Selatan dibulan November nanti.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkum HAM Kalsel, Yunan Hilmy,SH MH mengucapkan terimakasihnya karena kerjasama dan dukungan dari Bupati Tanah Bumbu sehingga terlaksananya kegiatan lomba kadarkum di Tanbu. Dikatakan Yunan Hilmy, bahwa lomba Kadarkum ini sangat penting untuk mencerdaskan masyarakat akan hukum. Karena Hukum merupakan salah satu alat menuju keadilan bagi Masyarakat.

''Kita harapkan dari peserta ini akan tumbuh mental budaya yang cerdas dan sangat mematuhi akan sadar Hukum. Yaitu masyarakat yang mengetahui akan hak-hak yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan,'' ujarnya. Budaya sadar Hukum, ujar Yunan, harus dilakukan mulai dari tingkat terendah hingga tertinggi. Mulai dari aparat pemerintah hingga masyarakat. Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam sambutannya saat membuka Lomba Kadarkum 2011 mengatakan lomba ini dimaksudkan sebagai salah satu langkah konstruktif guna memotivasi dan memantabkan peran serta kita dalam meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, khususnya bagi anak-anak dan pelajar di sekolah.

Dimana dengan kegiatan Kadarkum ini, diharapkan akan memberikan pengaruh yang signifikan bagi penurunan tingkat kriminalitas didaerah kita dan angka kenakalan remaja khususnya bagi pelajar yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. ''dengan kegiatan ini kita harapkan akan terwujudnya ketertiban, ketenangan, dan ketentaraman masyarakat,'' ujar Mardani. Lomba Kadarkum tahun 2011 tersebut memperebutkan piala tetap Bupati Tanbu. Adapun juara pertama mendapatkan bonus sebesar Rp. 3 Juta, juara II Rp. 2 Juta dan Juara III Rp. 1 Juta.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved