Home » » 2008 – 2028 Tanbu Bakal Terbagi 4 Zona Kawasan Strategis

2008 – 2028 Tanbu Bakal Terbagi 4 Zona Kawasan Strategis

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 18 November 2011 | 09.37

BATULICIN - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu dan Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) melaksanakan Rapat Koordinasi Dalam Rangka Percepatan Penyusunan Revisi RTRW Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2010 – 2030, di ruang rapat Kantor Bupati Tanah Bumbu.

dalam rapat tersebut, mencuat Indikasi Rancangan Pengembangan Kawasan Strategis Kabupaten Tanah Bumbu pada tahun 2008 – 2028 terbagi menjadi 4 Zona kawasan strategis yaitu Kawasan Batulicin dan sekitarnya dengan program pengembangan pelabuhan samudera, pengembangan kawasan pertambangan batubara, pembangunan jalan kandangan batulicin, pengembangan kawasan industry, pengembangan aksesibilitas dari Banjarmasin-batulicin-kaltim, Banjarmasin-pagatan-batulicin, peningkatan frekuensi pergerakan sarana perhubungan baik perhubungan darat maupun laut.


Zona Kawasan Pagatan dengan program pengembangan objek wisatadan pengembangan atraksi wisata dengan memanfaatkan potensi kesenian dan adat istiadat setempat.

Zona Kawasan Satui dan sekitarnya dengan program pengembangan kegiatan perkebunan khususnya perkebunan kelapa sawit, peningkatan industry CPO, Pengembangan Kawasan Pertambangan Batubara dan Pengembangankegiatan peternakan.

Kemudian Zona Kawasan Sungai Loban dengan program pengembangan kegiatan perkebunan, pengembangan kegiatan peternakan khususnya peternakan sapi, pengembangan pelabuhan khusu batubara dan rencana pembangunan Bandar udara.

Pada rapat koordinasi kali ini, ujar Plt. Kepala Bappeda Tanbu, H. Damrah masih akan ada kelanjutannya untuk penyempurnaan rancangan pengembangan kawasan strategis tersebut. diantaranya melalui kuisioner untuk setiap masing-masing pimpinan SKPD untuk memberikan rancangan penyempurnaan nantinya.

Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Tanbu Mardani H Maming dihadiri oleh Sekretaris Daerah Tanbu dan pimpinan SKPD. Rapat berjalan dengan alot karena terjadi pembahasan dan masukan-masukan yang diberikan oleh pimpinan SKPD untuk perkembangan dan pertumbuhan Kabupaten Tanah Bumbu untuk 20 tahun ke depan demi kesejahteraan masyarakat Tanah Bumbu.

Sekretaris Bappeda Tanbu, H. Damrah, mengatakan penataan ruang Kabupaten Tanah Bumbu bertuju an untuk mewujudkan ruang Kabupaten yang produktif melalui pusat pelabuhan, perdagangan dan pariwisata terdepan di Kalimantan berbasis ekonomi kerakyatan menuju Tanah Bumbu yang maju, unggul, mandiri, sejahtera, aman, religious dan berakhlak mulia serta berintelektual tinggi.

Adapun kebijakan penataan ruang Kabupaten Tanah Bumbu terdiri atas penyelenggaraan penataan ruang wilayah yang mendorong pembangunan berkelanjutan dengan peningkatan ketersediaan insfrastruktur yang berkualitas, pengembangan pelabuhan yang representative disertai keterpaduan interkoneksi antar moda transportasi, peningkatan daya saing daerah yang berbasis ekonomi kerakyatan melalui peningkatan jaringan jasa distribusi local regional dan nasional, pengembangan perdagangan berbasis agroindustri dan pengembangan wisata unggulan yang selaras dengan pembangunan kehidupan beragama, social, dan budaya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved