Home » » Industri Rumah Tangga, Harus Ditumbuhkembangkan

Industri Rumah Tangga, Harus Ditumbuhkembangkan

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 01 November 2011 | 12.00

BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Difriadi Darjat meminta kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi Tanbu (Disperindagkop) dan Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi Tanbu (Disnakertrans)serta Dinas terkait agar menumbuhkan dan mengembangkan Home Industri atau industry rumahan. Hal tersebut ujar Wakil Bupati perlu dilakukan agar bisa menambah pendapatan tambahan untuk ibu-ibu rumah tangga.

“Industri rumahan perlu kita tumbuhkan agar ibu-ibu rumah tangga bisa meningkatkan pendapatan keluarganya. Mereka bisa bekerja walau hanya dirumah,” ujar Wakil Bupati Tanbu H. Difriadi Darjat disela-sela sambutannya saat membuka Sosialiasi Perundang-undangan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal tahun 2011, Kamis lalu di Mahligai Bersujud, Kapet.


Saat ini, ujar Wabup, ekonomi kreatif kita belum jalan, kita hanya berkutat pada Industri yang besar-besar saja. Untuk itu industry kecil, industry kerajinan tangan, dan tekhnologi sederhana perlu dikembangkan. Salah satunya dengan cara memberikan pembekalan pelatihan kepada ibu-ibu rumah tangga dan adanya dukungan dari SKPD terkait.

Pemerintah menginginkan seperti di Kabupaten-kabupaten tetangga kita yang home industrinya bisa berjalan dengan baik dan dapat mensejahterakan keluarga. Mereka hidup sederhana dan makmur. Bisa menyekolahkan anak hingga keperguruan tinggi. Meski dengan industry kecil namun bisa sejahtera. Saat ini, ujar Wabup, untuk industri rumahan yang berkembang di Tanah Bumbu cuma di Kusan Hilir saja, yaitu pengolahan amplang. Namun desa-desa lainnya masih belum berkembang seperti di Kusan Hulu, Mentewe, dan Kecamatan lainnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved