Home » » Tradisi Mapo Tandai Musim Tanam 2011-2012

Tradisi Mapo Tandai Musim Tanam 2011-2012

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 24 November 2011 | 11.54

Batulicin - Petani dikawasan Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan melakukan tradisi "MAPO" (penyemaian benih padi dalam Bahasa Bugis-red) guna mengawali periode musim tanam Oktober 2011 hingga Maret 2012 (Ok-Mar).

Tradisi Mapo sebelumnya diawali dengan proses begadang semalam suntuk oleh sejumlah kelompok tani yang ingin melakukan penyemaian padi tersebut.


"Penyemaian benih padi adalah rangkaian budi daya untuk percepatan musim tanam. Kegiatan ini sekaligus melestarikan budaya lokal berupa tradisi "Mapo" yang masih kental dimasyarakat," kata Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, Tanah Bumbu, Akhmad Fauzi MP, pada saat melakukan penyemaian benih padi bersama kelompok tani Desa Kesik Putih, Kecamatan Batulicin, Rabu (23/11).

Menurut Akhmad Fauzi, lokasi pertanian di kawasan Batulicin adalah salah satu bagian lahan produktif di wilayah Tanah Bumbu yang mesti dipertahankan supaya tidak lepas atau habis terjual kepada pihak lain. Lokasi ini diharapkan menjadi lahan percontohan bagi para petani dikawasan desa yang lain sehingga produksi beras yang dihasilkan pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu semakin meningkat.

Secara nasional, katanya, Indonesia yang memiliki potensi lahan pertanian sudah berhasil menduduki urutan ketiga didunia sebagai negara penghasil beras. Namun ironisnya Indonesia juga menjadi negara pengimpor beras dengan jumlah yang masih mencapai antara 1,3 hingga dua juta ton per tahun.

"Untuk itu kita masih terus meningkatkan produksi beras petani. Sebab beras sudah menjadi makan pokok bagi kita," jelas Fauzi. Peningkatan produksi beras, tambahnya, akan selalu didukung dengan sejumlah program pemerintah mulai tahap penyemaian, pengolahan lahan, hingga pasca panen. Termasuk proses pembenihan yang menjadikan para petani hampir 80 persen sudah berhasil menggunakan bibit unggul.

Bupati Tanah Bumbu, Mardani H maming melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah (BP3KPD) Kabupaten Tanah Bumbu, H Rahmat, juga mengharapkan proses penyemaian benih dilakukan secara baik demi menghasilkan tanaman padi berkualitas menyambut datangnya musim tanam di bulan ini. Berlangsungnya musim tanam juga harus selalu didukung sistem pengairan yang benar supaya tanaman padi yang dihasilkan dapat tumbuh secara maksimal.

"Kita masih beruntung dapat mulai musim taman dengan rencana yang matang. Bagi petani yang tidak beruntung tentunya kita juga prihatin karena daerahnya kerap dilanda bencana sehingga tidak bisa melakukan proses tanam,' katanya. (anto,Humas Tanah Bumbu)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved