Home » » APBD Tahun 2012 Tanah Bumbu, Disetujui DPRD

APBD Tahun 2012 Tanah Bumbu, Disetujui DPRD

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 10 Desember 2011 | 12.57

APBD Tahun 2012 Tanah Bumbu di Setujui Dewan Humas Setwan, Pada Kamis (08/12) baru tadi di laksanakan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka Pendapat akhir fraksi-fraksi tentang Raperda ABPB tahun 2012 di ruang sidang utama DPRD Sepunggur.

Di awal penyampaian, Fraksi Kedaulatan Amanah Bangsa melalui juru bicaranya Hj Syarifah Santiansyah.SH dalam pendapat akhir fraksinya mengatakan, dari target PAD sebesar Rp. 818 milyar lebih dan belanja Rp. 843 milyar lebih dalam rancangan perda APBD tahun 2012 ini mendapat apresiasi yang baik dari fraksinya dan langsung menyetujui untuk dijadikan Perda, tanpa banyak memberikan komentar ia memuji kepemimpinan Mardani H. Maming, kata Andi Neni sebutan pangilannya.


Senada dengan rekannya, H.M Toisutta dari fraksi demokrat Indonesia raya juga menilai tentang raperda ini fraksinya mengutarakan nilai anggarannya cukup realistis. Bahkan anggota dewan ini meminta tahun kedepan agar lebih baik lagi. Ia juga menyinggung tentang program infrastruktur jalan di tahun 2012 yang mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah, dalam hal ini memet sebutannya memuji ke pihak eksekutif yang lebih mementingkan kepentingan rakyat, ujarnya.

Dari fraksi Bintang Reformasi melalui juru bicaranya H.M Aini.SP dalam catatan fraksinya dapat menyetujui namun sebelumnya ia menyampaikan, ada dua hal yang perlu mendapat perhatian dari Pemda yaitu, dana bansos agar digunakan secara arif dan bijaksana, terarah, terencana dan tepat sasaran. Kemudian untuk sarana dan prasarana agar diperioritaskan terutama untuk kepentingan masyarakat, jelasnya.

Sedangkan dari fraksi PPP melalui juru bicaranya H.Abdul Rasyid.S.Ag.M.Pd mengatakan, rancangan perda APBD tahun 2012 ini katanya jauh lebih maju dari tahun sebelumnya di mana di ungkapkannya bahwa anggaran yang dimasukkan oleh pihak eksekutif benar-benar membawa aspirasi kepentingan orang banyak. Namun yang perlu mendapat catatan dari semua SKPD kedepan program yang dibuat agar betul-betul menyentuh masyarakat kecil dan mereka dapat merasakan pembangunan ini, katanya. Ditambahkannya bahwa fraksinya menghendaki program setiap SKPD lebih dikedepankan agar jangan sampai ada program yang tertinggal.

Setiap triwulan pihak eksekutif dan legislatif duduk bersama guna mengevaluasi pendapatan dan belanja agar lebih singkron. Jangan ada lagi angka setiap perubahaan bukannya berkurang tetapi semestinya tetap dengan asumsi anggaran salah satu progam yang belum bisa terpakai di pindah keprogram lain yang lebih membutuhkan, kata rasyid. Selanjutnya dari fraksi keadilan sejahtera melalui juru bicaranya Surinto.ST mengatakan, anggaran yang disampaikan agar lebih transfaran, keberhasilan pembangunan sangat bergantung oleh kinerja pemerintahnya.

APBD yang sehat indikatornya adalah realisasi yang digunakan semuanya baik. Ia sampaikan bahwa angka yang di buat adalah angka yang benar-benar merupakan kepastian anggaran dan tentunya selaras dengan visi misi Bupati, jika ingin keberhasilan pembangun bisa tercapai, ujarnya. fraksi PKS juga memberikan catatan untuk setiap SKPD agar lebih mengoptimalkan kinerjanya, menginventarisasi semua pendapatan yang belum akurat. Membentuk pansus dalam hal dana alokasi khusus dan dana perimbangan. Melakukan jemput bola melalui konsultasi dari database yang diberikan pemerintah baik itu ke pusat dan keprovinsi. belanja daerah yang langsung agar benar dinikmati oleh publik.

SKPD betul-betul maximal agar cukup waktu mengunakan program yang telah dianggarkan. Lebih jelas lagi agar APBD yang disampaikan susuai kebutuhan, melakukan tahapan-tahapan yang jelas, agar transparan, persepsinya untuk masyarakat, memperhatikan rasa keadilan, dan jangan bertentangan dengan peraturan, jelas sekretaris dari fraksi PKS ini.

Dari fraksi Hanura melalui juru bicaranya La Ode Subhan dan fraksi PDIP Perjuangan melalui juru bicaranya Drs.H.Burhansyah.HS secara singkat menyampaikan agar APBD tahun 2012 ini berharap anggaran setiap SKPD untuk aspirasi kebutuhan masyarakat, menjawab persoalan pemerintahan, dan benar-benar dimanivestasikan menjadi belanja daerah, ujarnya. Terakhir dari fraksi Golkar melalui juru bicaranya Ir. Aman Ma’mur mengatakan, bahwa fraksinya pernah meminta kepada pemerintah daerah agar menaikan anggaran sebesar 10 % , tetapi katanya pada kepemimpinan Mardani.H.Maming ini malah dinaikan menjadi 15 % dan tentunya ini merupakan aplus dari fraksinya, ujarnya.

Ia juga memberikan catatan kepada pihak eksekutif agar lebih tingkatkan lagi baik pendapatan maupun belanja. Belanja untuk publik dinilainya masih sangat kecil, namun Aman mengatakan teruslah berjuang wahai Bupatiku, katanya. Lanjutnya lagi, setiap SKPD melaksanakan apa yang tertuang dalm notulen APBD dan anggaran yang sudah dianggarkan agar bisa habis terpakai tentunya untuk pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu ini, ujarnya.

Di penghujung paripurna ini dilaksanakan penandatanganan kesepakatan APBD tahun 2012 oleh Bupati dengan pihak unsur pimpinan DPRD disaksikan oleh forum komunikasi pimpinan daerah, anggota dewan, pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan undangan yang hadir.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved