Home » » 20 Warga Pagatan Dilatih Menenun

20 Warga Pagatan Dilatih Menenun

Written By Fokus Batulicin on Senin, 16 Januari 2012 | 12.11

Batulicin - Sebanyak 5 alat tenun diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu kepada Ketua Dekranasda Hj. Erwinda Mardani untuk Koperasi Industri Kerajinan Rakyat Tenun Pertiwi Desa Mudalang Kecamatan Kusan Hilir, Pagatan.

Alat tenun yang didatangkan langsung dari Jepara tersebut nantinya akan digunakan untuk pelatihan menenun dan memproduksi kain tenun khas Pagatan. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kab. Tanah Bumbu, Nurul Yaqin mengatakan pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu akan memprioritaskan pada kerajinan tenun pagatan di Kecamatan Kusan Hilir dan anyaman ketak yang ada di Kecamatan Mantewe.


Upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan pembinaan terlebih dahulu kepada pengrajin dan penyediaan peralatannya. Nah, setelah melakukan pembinaan melalui berbagai pelatihan, kemudian kita siap untuk memasarkan keluar daerah.

''kita sediakan peralatannya, lalu kita latih, kemudian barang tersedia, maka kita akan mudah memasarkannya sesuai dengan kebutuhan dari pembeli nantinya'' ujar Kadisperindagkop.

Saat ini, ujar Kadisperindagkop Tanbu, ada sekitar 20 penenun kain pagatan usia muda yang dilatih. Dipilihnya usia muda tersebut ujar Kadis Perindagkop agar nantinya akan ada generasi penerus. Untuk pelatih kita datangkan langsung dari jepara sebanyak 4 orang yang akan melatih selama sebulan. Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengatakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Tanah Bumbu. Pemerintah akan memberikan pelatihan salah satunya seperti pelatihan tenun kain khas pagatan.

''untuk pagatan kita fokuskan pelatihan menenun, Batulicin menjahit, dan Kecamatan Mentewe anyaman Ketak,'' ujar Bupati saat melihat aktifitas pelatihan menenun di Pagatan.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Tanbu Hj. Erwinda Mardani mengatakan kain tenun khas Pagatan ini banyak diminati. Namun terkendala kurangnya tenaga penenun dan peralatan untuk memproduksinya. Dengan pelatihan dan penyerahan alat ini diharapkan produksi kain tenun khas Pagatan bisa meningkat. Sehingga kita tidak kehabisan kain kalau ada yang membeli. Dan tidak menutup kemungkinan juga, para Pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu pada hari-hari tertentu diharuskan memakai kain teun khas Pagatan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved