Home » » 380 penderit a katarak di operasi

380 penderit a katarak di operasi

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 19 Januari 2012 | 12.08

Batulicin - Dalam rangka Kegiatan Bakti sosial TNI dengan pihak Pemerinta Daerah melalui Rumah sakit umum daerah (RSUD) Amanah Husada Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, sedikitnya 380 penderita penyakit katarak mendapat pelayanan operasi geratis.

Jumlah ini masih ditambah dengan sekitar 56 penderita bibir sumbing yang saat ini sudah terdaftar di rumah sakit tersebut yang rencananya sekaligus akan turut dioperasi melalaui kegiatan itu pada tanggal 19 hingga 22 Januari 2012.

"Hari ini calon pasien baru didaftar semua untuk menjalani "screening"(Indentifikasi parahnya penyakit-red). Sedangkan operasinya baru akan dimulai besok (19/1)," kata Direktur Rumah Sakit Amanah Husada Batulicin, dr Daru Dewa,M.Kes, saat mendampingi Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming meninjau persiapan lokasi rumah sakit sebagai tempat pelaksanaan operasi tersebut, Rabu (18/1).

Di lokasi rumah sakit, jajaran TNI telah siap mendirikan posko darurat lengkap dengan dapur umum guna memenuhi kebutuhan konsumsi pasien selama jalanya operasi. Termasuk toilet tambahan secara darurat didirikan tidak jauh dibelakang rumah sakit tersebut. Kegiatan bakti sosial telah mendapat respon warga hampir di seluruh kecamatan hingga pelosok desa di Kabupaten Tanah Bumbu. Antara lain adaalah warga Desa Dukuh Rejo, Kecamatan Mentewe dan warga Kecamatan Satui yang sebelumnya mendapatkan informasi program tersebut dari perangkat desa terkait.

"Kami datang dari Mentewe. Sebelumnya kami tahu program operasi katarak ini dari kepala desa," ucap seorang calon pasien yang ingin ikut operasi katarak, Jumari (55) saat ditanya bupati di lokasi rumah sakit tersebut.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyempatkan meninjau sejumlah ruangan Rumah Sakit Amanah Husada mulai dari kamar inap, ruang operasi, ruang donor darah, kamar mandi, dan dapur rumah sakit. Termasuk kesipan pasokan energi listrik di lokasi rumah sakit diharapkan saat operasi tidak terjadi pemadaman secara mendadak. "Untuk itu kita harus siap dengan genset yang berukuran besar. Supaya jangan sampai terjadi pemadaman listrik saat operasi berlangsung," kata bupati pada paetugas rumah sakit tersebut.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved