Home » » BMG Keluarkan Peringatan

BMG Keluarkan Peringatan

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 24 Januari 2012 | 19.46

BATULICIN - Peringatan BMG (Badan Metereologi dan Geofisika)Kalsel terhadap datangnya cuaca ekstrim di sejumlah wilayah di Kalsel, termasuk Tanah Bumbu (Tanbu) harus diwaspadai. Setidaknya dalam tiga hari terakhir, hujan lebat disertai angin kencang terjadi dibeberapa titik di Tanbu. Seperti yang terjadi di beberapa desa di Kecamatan Kusan Hulu dan Karang Bintang.

Hujan lebat yang disertai angin kencang pada Kamis pekan lalu telah menyebabkan beberapa pohon tumbang dan menggenangi beberapa wilayah permukiman warga. Menurut perkiraan BMG, curah hujan di wilayah Tanbu akan semakin naik intensitasnya dalam beberapa hari kedepan. Karenya, warga diminta untuk lebih waspada dan mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bakal terjadi.


 Seperti yang terjadi pada tahun-tahun yang lalu, wilayah-wilayah yang paling rawan terkena dampak dari tingginya curah hujan itu terjadi di beberapa desa di Kecamatan Kusan Hulu, Kecamatan Karang Bintang, Kecamatan Sungai Loban, Kecamatan Kusan Hilir dan Kecamatan Satui. Dari wilayah-wilayah kecamatan yang ada tersebut, kondisi terparah dipastikan akan terjadi di Kecamatan Satui, Kusan Hulu, Karang Bintang dan Sungai Loban.

Karenanya, pemkab Tanbu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (PBPD) juga telah jauh-jauh hari melakukan langkah antisipasi dengan memberikan peringatan kepada warga masyarakat yang tinggal diwilayah-wilayah rawan dampak banjir seiring dengan datangnya musim penghujan yang disertai dengan angin kencang akhir-akhir ini.

 "Terhadap peringatan BMG itu, kita sudah menindaklanjutinya dengan memberikan peringatan dini kepada warga khususnya warga yang tinggal di wilayah-wilayah rawan banjir", sebut Kepala BPBD Tanbu Anwar Salunjang melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Edi Indrajaya, kemarin.

Selain itu sebut dia, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang terjadi ketika intensitas hujan makin tinggi, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi langkah penyelamatan dan kesiapsiagaan warga desa di kecamatan yang rawan terhadap dampak banjir. Sosialisasi sendiri kata Edi, sudah dilakukan pihaknya pada bulan November hingga Desember 2011 lalu.

Di mana pada sosialisasi yang melibatkan unsur dari muspika masing-masing kecamatan dan unsur desa itu, warga diberikan pemahaman bagaimana ketika menghadapi bencana. Diantaranya adalah, cara dan langkah penyelamatan, peta atau jalur penyelamatan, penanganan pengungsi dan penyaluran bantuan bagi pengungsi.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved