Home » » Pendidikan Dapat Alokasi 25 Persen Lebih APBD Tanbu

Pendidikan Dapat Alokasi 25 Persen Lebih APBD Tanbu

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 24 Januari 2012 | 19.58

BATULICIN - Sepertinya Pemkab dan DPRD Tanah Bumbu (Tanbu) sadar betul, bahwa pendidikan adalah kebutuhan urgen yang harus mendapatkan perhatian serius bersama. Setidaknya fakta ini menunjukkan komitmen yang besar dari eksekutif dan legislatif untuk memajukan dunia pendidikan di bumi Bersujud.

"Pendidikan adalah pilar utama dari kemajuan daerah selain tentu saja pilar pendukung lainnya. Namun tanpa pembangunan sektor pendidikan yang baik sebuah daerah akan sulit melakukan pembangunan", tukas M Fajar Syahrani Ketua Badan Anggaran DPRD Tanbu.

Dengan pembangunan sektor pendidikan yang baik dan terencana yang salah satunya adanya dukungan pendanaan, maka imbuh Fajar, daerah telah memproyeksikan sebuah visi strategis yang diarahkan bagi pembangunan SDM daerah sebagai pendorong pembangunan. Hal yang sama juga disampaikan oleh Bupati Tanbu Mardani H Maming.


Menurutnya, sesuai dengan komitmennya yang terangkum dalam visi misi pembangunan Tanbu lima tahun mendatang, pendidikan menjadi salah satu skala prioritas perhatian pemerintah daerah. Pasalnya ujar dia, sebagai daerah baru yang berkembang pesat, kedepan putra daerah harus mampu bersaing dengan pendatang dalam mendapatkan pekerjaan.

 Karenanya, dalam menghadapi kompetisi tersebut putra daerah harus mampu menyiapkan diri dengan pengembangan SDM diri, di mana untuk memproyeksikan komitmen tersebut, pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran pendidikan sebagai salah satu pendorong peningkatan kualitas SDM daerah dalam APBD Tanbu 2012 sebesar Rp.212.484.666.000,- atau dua puluh lima persen lebih dari APBD Tanbu 2012 sebesar Rp.818.820.918.423,-.

"Pendidikan adalah kebutuhan krusial dan urgen bagi peningkatan SDM kita kedepan", sebut bupati seraya menambahkan, pemerintah daerah secara berkesinambungan akan terus mendorong upaya konstruktif berupa menempatkan anggaran pendidikan secara proporsional. "Sehingga harapan kita bersama, kedepan SDM Tanbu mampu berkompetisi, apalagi saat ini iklim investasi di Tanah Bumbu terus menggeliat dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang berinvestasi di Bumi Bersujud", beber Mardani.

Ini adalah peluang bagi SDM daerah khususnya para pencari kerja lokal. Tanpa pendidikan yang baik, mereka tak akan bisa berkompetisi, tukas Mardani. Surinto Ketua Komisi I DPRD Tanbu yang membidangi pendidikan mengatakan, besarnya alokasi dana untuk pendidikan yang terkaper dalam APBD 2012 itu tidak lain diproyeksikan bagi percepatan peningkatan kualitas pendidikan di Bumi Bersujud. Selain tentu saja, besaran angka itu juga diarahkan bagi peningkatan SDM para guru sebagai pendorong utama peningkatan pendidikan di Tanbu.

 "Dan yang tak kalah pentingnya, besaran angka untuk sektor pendidikan itu juga untuk menunjang proses belajar mengajar serta untuk mendukung kegiatan penyertanya", pungkas Surinto
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved