Home » » Penertiban Premium Eceran Tunggu Pihak Kepolisian

Penertiban Premium Eceran Tunggu Pihak Kepolisian

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 14 Maret 2012 | 11.32

Melambungnya harga BBM Premium di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan satu bulan lebih ini dinilai sudah sangat meresahkan masyarakat. pasalnya BBM Premium yang Mereka jual di tingkat pengecer sudah mencapai rata rata Rp 9000 perbotol (liter).

Kondisi ini, menyulitkan masyarakat di Tanah Bumbu untuk melakukan aktifitas yang biasanya menggunakan BBM Premium untuk menghidupkan motor, Mobil atau perangkat listrik lainnya. mengingat kelangkaan ini terjadi akibat sulitnya mendapatkan BBM Premium di setiap SPBU.
Meski, dari pengakuan para petugas dan pengawas SPBU bahwa pihaknya setiap bulan mendapat jatah yang sama dari pengiriman pihak pertamina.

Indikasi sementara, kelangkaan BBM ini diakibatkan lantaran jumlah kendaraan di Tanah Bumbu semakin bertambah setiap tahunnya sementara kuota dari Pertamina masih tetap sama menggunakan Kuota Tahun 2009. selain itu, Indikasi lainnya adalah banyaknya penyetok BBM yang menjual BBM ke pedagang dengan harga yang tinggi. sehingga pedagang harus menjual dengan harga dua kali lipat dari harga awal di tingkat SPBU.

" ini yang kita indikasi. tetapi apapun faktornya harga di tingkat pengecer tidak boleh lebih dari harga yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan pemilik SPBU, Pengecer, DPRD dan Pemerintah Daerah dengan ketetapan harga Rp.6000. jika sudah ditemukan kejadian semacam ini..seharusnya pihak Kepolisian sudah bisa melakukan langkah penertiban. karena sudah melanggar ketentuan yang berlaku" Ujar Suhartoyo. Kabid Binwas Perdagangan Disperindag Koperasi Tanah Bumbu.

Saat ditanya wartawan apa dengan kata lain, pihak kepolisian lamban mengambil tindakan. Suhartoyo enggan berkomentar banyak. " Persepsi selanjutnya terserah kalian saja" ujarnya.
sebagai imbas lain, bisnis perdagangan pertamaxpun eceran belakangan ramai di Batulicin. tentunya dengan harga yang lebih tinggi dari Harga Premium yakni tembus dengan harga Rp.12.000.

Setelah Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming melakukan Inspeksi ahir pekan lalu ke sejumlah SPBU, kini terlihat sejumlah petugas gabungan terdir dari Aparat Kepolisian, TNI, Dishub, dan Satpol PP  melakukan pengawasan di seluruh SPBU yang ada.

Namun, tetap saja Harga BBM Premium masih susah untuk didapatkan. Bahkan antrianpun masih terlihat memanjang. Dimana, masih menurut Suhartoyo yang semestinya lebih berkompeten melakukan penertiban, Pengawasan secara kelembagaan adalah Dinas Pertambangan Dan Energi Tanah Bumbu dengan bekerasama pihak kepolisian.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved