Home » » Tanbu Bangun Pabrik Karet

Tanbu Bangun Pabrik Karet

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 21 Maret 2012 | 15.37

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu di Tahun 2012 membangun Pabrik Karet CRF berkapasitas 6.000 ton perhari. pembangunan itu diawali dengan peletakkan batu pertama Oleh Bupati Tanbu Mardani H Maming, (21/3) kemarin di Kecamatan Karang Bintang dengan luas lahan mencapai 9,5 hektar.

Dimana dari 9,5 hektar itu 3 hektar lebih dipersiapkan untuk pabrik dan sisanya untuk pembangunan kelengkapan pabrik serta komplek perumahan karyawan. Pabrik milyaran itu di prediksi baru bisa beroperasi satu tahun kedepan.

Bupati Tanah Bumbu saat menyampaikan sambutan mengatakan pembangunan pabrik itu sebagai langkah awal pergerakan peningkatan Ekonomi masyarakat Tanah Bumbu. Mengingat Tanah Bumbu memiliki potensi perkebunan yang cukup besar. seperti di Kecamatan Mentewe Yang terdapat sentra perkebunan karet seluas 4000 hektar. khususnya perkebunan karet dan kelapa sawit. untuk itu selain membangun Pabrik Karet ini, kedepan Bupati juga mengatakan Pemkab Tanbu bakal membangun pabrik CPO kelapa sawit.

" ini sesuai visi misi saya.." ujar Mardani. seraya menambahkan Pabrik Karet yang diberi nama PT. Nusantra Batulicin itu menggunakan sistem Maturasi dalam pengeringan untuk menuju karet setengah jadi. dimana sistem ini dikenal ramah lingkungan.

Sementara  Direktur Utama PT. Nusantara Batulicin Sunardi R Taruna mengatakan pabrik ini dibangun bukan saja menampung karet dari dalam Kabupaten Tanah Bumbu  saja akan tetapi juga bisa berasal dari Kabupaten Kota Baru dan Plaihari.

selain itu pembangunan pabrik nantinya diharapkan mampu meningkatkan pola pikir dan minat masyarakat untuk menanam karet di atas lahan mereka yang menganggur selama ini.

Dalam Operasionalnya Pabrik pengolahan karet setengah jadi itu akan menampung maksimal 18.000 ton perbulan dan memerlukan 2000 batu bara sebagai tenaga penggerak listriknya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved