Home » » Tanbu Gelar Bimtek BMD

Tanbu Gelar Bimtek BMD

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 27 Maret 2012 | 13.05

BATULICIN -  Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar bintek (bimbingan tekhnis,red)implementasi Simda (Sistem Informasi Manajemen Daerah) Barang Milik Daerah (BMD).

Bintek yang dilaksanakan di Gedung Mahligai Bersujud selama tiga hari mulai tanggal 27 hingga 29 Maret 2012 itu diikuti oleh 114 peserta yang merupakan pengurus dan penyimpan barang daerah pada SKPD Pemkab Tanbu.
Menurut Kabag Umum dan Perlengkapan Setda Rooswandi Salem,S.Sos,MM kegiatan bintek tersebut dilaksanakan agar masing-masing pengurus barang daerah mampu menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pengurus dan penyimpan barang atau aset daerah seperti diamanatkan dalam Permendagri Nomor 17 Tahun 2007 tentang pengelolaan aset daerah.

"Bintek ini sekaligus juga kita proyeksikan bagi kesiapan pemkab dalam mewujudkan opini pembangunan daerah Wajar Tanpa Pengelualiaan (WTP) seperti menjadi komitmen bapak bupati", papar Rooswandi.

Kegiatan bintek sendiri ujarnya lagi terlaksana atas kerja sama Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Tanbu dengan BPKP Perwakilan Kalselteng.

"Dengan dilaksanakannya bintek Simda BMD ini diharapkan akan memberikan pemahaman yang sama dari pengurus dan penyimpan barang atau aset daerah seperti yang diamanatkan Permendagri Nomor 17 Tahun 2007 tentang pengelolaan aset daerah", sebut Rooswandi.

Bintek BMD dengan narasumber dari BPKP Perwakilan Kalselteng yakni Taufan Hidayat SE, M.Ak didampingi empat anggota  tim BPKP itu sendiri tambah Rooswandi merupakan langkah lanjutan dari kegiatan inventarisasi barang atau aset daerah yang sudah dilakukan pihaknya beberapa waktu yang lalu.

Di mana dengan kegiatan inventarisasi itu akan dicapai sebuah tata kelola aset daerah yang baik dan benar.

"Inventarisasi aset ini dilakukan oleh tim aset daerah dengan cara mendatangi langsung sumber-sumber informasi dan objek aset hingga ke wilayah-wilayah kecamatan se Tanah Bumbu", katanya seraya menambahkan data inventarisasi itu selanjutnya di input kedalam sistem Simda.

Dari data yang diolah pada sistem Simda inilah kemudian menghasilkad buku inventarisasi barang atau aset daerah dan Kartu Inventarisir Barang yang merupakan buku kendali sekaligus informasi barang atau aset yang dimiliki Pemkab Tanbu.

Narasumber Taufan Hidayat SE,M.Ak dari BPKP Perwakilan Kalselteng berharap kepada para perserta bintek agar dapat mengikuti kegiatan secara serius. Ini mengingat, kegiatan bintek Simda BMD mempunyai esensi penting dalam rangka menciptakan tata kelola aset daerah yang profesional dan berbasis tekhnologi. (relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved