Home » » 52 Anggota PWI Uji Kompetensi Wartawan

52 Anggota PWI Uji Kompetensi Wartawan

Written By Fokus Batulicin on Senin, 23 April 2012 | 20.04






Banjarmasin, Sebanyak 52 anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) region Kalimantan di Banjarmasin mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Wartawan, bertempat di gedung serbaguna PWI, Senin (23/4) kemarin. Menurut keterangan Ketua PWI Kalimantan Selatan Drs. Fathurrahman sebelumnya direncanakan akan diikuti sejumlah wartawan utusan asal Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan juga Kalimantan Timur. Namun karena sesuatu dan lain hal yang bisa mengikuti hanya dari Kalimantan Selatan dan da orang utusan asal Kalimantan Timur.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pendidikan PWI Pusat Marah Sakti Siregar, Hendry CH Bangun Sekjen PWI Pusat serta Encub Soebekti yang sengaja datang memberikan pencerahan Pra Sertifikasi Kompetensi Wartawan tersebut. Beberapa Materi menarik disampaikan sebagai upaya mengingatkan kembali aturan profesi jurnalistik melalui Kode Etik Jurnalistik serta Ilmu Jurnalistik dengan Tujuan agar wartawan mampu menyelesaikan Uji Kompetensi Wartawan hingga menjadi wartawan yang profesional dalam menjalankan tugasnya.

Dari laporan panitia pelaksana yang juga Ketua PWI Cabang Prov Kalsel Drs. Fathurrahman, bahwa Uji Kompetensi ini terbagi atas 3 klasifikiasi atau tingkatan. Yakni jenjang Kompetensi Wartawan Muda, Wartawan Madya serta Wartawan Utama. Sesuai dengan tugas profesi masing masing sebagai wartawan lapangan (melakukan kegiatan) untuk kompetensi muda, redaktur (mengelola kegiatan ) untuk kompetensi madya serta pimpred (mengevaluasi dan memodifikasi proses kegiatan) untuk kompetensi utama.

Untuk kegitan itu sendiri berakhir Rabu (25/4) kemarin diketahui 7 peserta dinyatakan tidak lulus dari uji kompetensi tersebut dengan komposisi 3 peserta Utama, 2 madya dan 2 wartawan muda. Menanggapi hal itu Fathurrahman mengatakan, tidak lulus bukan berarti akhir dari segalanya. Akan tetapi awal untuk memperbaiki segala kemampuan jurnalistiknya agar lebih profesional sebelum memasuki ujian di lain waktu. Sehingga ketika dilakukan ujian bisa menyandang predikat kompeten dan melanjutkan tugasnya sebagai wartawan dengan lebih berwawasan kreatig dan profesional.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved