Home » » Bupati Tinjau Akses Infrastruktur Dengan Trail Bersama Tanbu Trail Comunity

Bupati Tinjau Akses Infrastruktur Dengan Trail Bersama Tanbu Trail Comunity

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 03 April 2012 | 10.44

*Sambil Tauring Gali Aspirasi Masyarakat*
BATULICIN - Banyak cara yang bisa ditempuh seorang kepala daerah untuk menggali aspirasi yang berkembang di masyarakat terkait tingkat kepuasan pembangunan yang direalisasikan pemerintah daerah.
Salah satunya yang dilakukan Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H Maming dan jajarannya pada Sabtu, (31/3) lalu dengan melakukan touring menelusuri beberapa jalan desa di tiga kecamatan.
Melalui kegiatan  touring bersama jajaran pemerintah daerah dan TTC (Trail Tanbu Community) Mardani dan rombongan menyusuri sejumlah titik penting dari beberapa desa yang menjadi rute touring.
Menurut Mardani, kegiatan touring tersebut bukan semata-mata diperuntukkan bagi pemenuhan kebutuhan  bidang olah raga dan petualangan. Namun lebih dari itu, kegiatan itu juga dapat diproyeksikan sebagai langkah konstruktif jajaran pemerintah daerah dalam menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat khususnya yang ada di wilayah perdesaan.

"Melalui kegiatan ini pula, kami dari jajaran pemerintah daerah dapat memanfaatkan momen tersebut sebagai media pengawasan sekaligus evaluasi dari pembangunan yang terealisasikan oleh pemerintah daerah", kata Mardani.

Sehingga dengan begitu, esensi tujuan kegiatan tersebut menjadi sangat luas dan mempunyai manfaat ganda, karena dengan dilaksanakannya kegiatan itu beber Mardani, pihaknya akan pula memperolah data dan informasi penting terkait dengan kondisi desa-desa yang menjadi rute touring.

"Di mana dari kegiatan itu, dapat dijadikan SKPD sebagai media kegiatan sosial kemasyarakatan dan menyerap aspirasi masyarakat terkait dengan pelayanan bidang kesehatan, pendidikan, pertanian, peternakan dan bidang-bidang lainnya", paparnya.

Karenanya, pada touring tersebut Bupati Mardani H Maming dan rombongan juga memanfaatkannya untuk  memantau kondisi beberapa ruas jalan desa, memantau kondisi sarana dan prasarana pendidikan di desa, dan memantau lokasi rawan banjir disejumlah desa.

Untuk diketahui, pada touring itu rombongan Mardani menempuh rute  mulai dari kediaman pribadi di Kelurahan Batulicin pada pukul 08.00 wita  - Jalan  Kodeco Kecamatan Simpang Empat - Simpang Empat Kompi - Desa Saring Sungai Bubu Kecamatan Kusan Hilir, setibanya di Saring, Bupati meninjau langsung Bangunan Gedung SMP 3 yang saat itu tengah melaksanakan UAS. selanjutnya rombongan menuju rute  dan Desa Anjir Baru Kecamatan Kusan Hulu -Desa Manuntung - Desa Lasung - Desa Batu Bahalang. Sejumlah ruas Jalan di desa tersebut menjadi perhatian Bupati dengan menginstruksikan langsung kepada Dinas  PU untuk segera memperbaiki kondisi jalan yang rusak. Setelah meninjau dan beridialog dengan masyarakat setmpat  Bupati melanjutkan perjalanan finish di kawasan Pusat Perkantoran Pemkab Tanbu di Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin pada pukul 18.00 wita.

Di bagian lain Mardani juga mengatakan, melalui kegiatan itu juga akan terjalin dialog langsung antara jajaran pemerintah daerah dengan masyarakat desa. Karenanya, kedepan bupati akan menjadikan kegiatan touring ini menjadi program rutin jajarannya. Di mana rute yang akan ditempuh akan direncanakan secara matang sehingga target kegiatan akan maksimal lagi.

Setidaknya dari touring itu telah diperoleh fakta minimal dari kondisi sejumlah sarana dan infrastruktur di Kecamatan Kusan Hulu. Dari situlah kepada jajaran terkait bupati menginstruksikan agar segera melaksanakan kegiatan perbaikan jalan di sejumlah titik, termasuk instruksi untuk segera menambah ruang kelas salah satu sekolah dasar yang ditinjau.

Sementara itu, sejumlah pejabat yang turut dalam touring itu antara lain Kabag Umum dan Perlengkapan, Kepala BNPB, Ka Sat Pol PP, Kasubag Aset Bag Umkap, dan sejumlah staf. Sedang dari instansi vertikal adalah Dandim 1004 Kotabaru-Tanbu dan dari jajaran personil Polres Tanbu.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved