Home » » Dalam Waktu Dekat, Sekda Laporkan Dana MTQ

Dalam Waktu Dekat, Sekda Laporkan Dana MTQ

Written By Fokus Batulicin on Senin, 30 April 2012 | 15.09

Setelah menuai kritik dari sejumlah media massa, akhirnya Sekdakab mendesak seluruh kepala bidang dan seksi dari panitia pelaksana melalui Lembaga LPTQ untuk segera menyelesaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran yang mereka gunakan pra ferivikasi data menjelang penyampaian penggunaan anggaran keuangan MTQ Tahun 2012 di Tanah Bumbu lalu, di meja DPRD Tanah Bumbu dalam waktu dekat ini.

Sekda Kab Tanah Bumbu yang juga Ketum LPTQ Tanbu, DRS. Gusti Hidayat mengatakan, dirinya sangat berterimakasih dengan adanya kritik yang bersifat positif terhadap pelaksanaan MTQ beberapa waktu lalu. Untuk itu, secara bertanggung jawab dirinya berjanji dalam waktu dekat ini akan segera menyampaikan laporan pertanggungjawaban yang dimaksud ke meja DPRD secepatnya, dengan berharap dalam waktu dekat ini juga seluruh kepala bidang dan kepala seksi yang berjumlah 20 bidang/seksi itu juga dapat menyelesaikan laporan keuangan mereka masing masing.

"ini bukan hanya dilaporkan ke DPRD saja, bahkan ini juga akan kita sampaikan ke BPKP, agar semuanya dapat dipertanggungjawabkan dengar benar, kemana dan sudah dihabiskan untuk apa saja anggaran yang cukup besar itu", ucap Sekda.

Dalam kesempatan temu muka dengan Fokus Batulicin kemarin (30/4) itu, sekda menjelaskan sedikit pandangan penggunaan anggaran yang mendapat sorotan masyarakat terkait penyediaan dan penyajian panggung utama MTQ melalui EO yang dinilai boros, aplikasi sewa pemondokan bagi kafilah 13 kabupaten Kota di Kalsel yang menginap di Tanah Bumbu, serta besarnya anggaran total pelaksanaan kegiatan MTQ. Menurut Sekda, anggaran kegiatan MTQ menelan dana sekitar Rp 7.349 Milyar, bersumber APBD sebesar Rp. 4 Milyar lebih, dana bantuan pemerintah provensi Rp 350 juta, serta sejumlah dana bantuan dari pihak ke tiga yang laporannya telah dipublikasikan melalui media massa.

Sementara, dari angka Rp 7 Milyar lebih itu, berdasarkan pengajuan permohonan penggunaan anggaran oleh 20 bidang dari panitia pelaksana sedikitnya mereka membutuhkan Rp. 5.349 Milyar. Kemudian untuk pembangunan panggung dan aksesoris lainnya memerlukan dana Rp 200 juta. "bukan 2 Milyar Rupiah, seperti diberitakan sebelumnya, dan untuk rumah kafilah sebelumnya diperkirakan memerlukan 65 unit saja dengan anggaran Rp 2,5 Juta untuk satu unitnya. Akan tetapi menyusul dikemudian hari jumlah pemondokan bertambah menjadi 124 unit, terpaksa anggarannya kita bagi, tanpa menambah cost yang tersedia untuk pemondokan tersebut" ujar Sekda lebih lanjut.


Sekedar diketahui, sampai dengan saat ini pemerintah kabupaten masih kekurangan anggaran, untuk menutupi utang belanja MTQ, dengan meminjam sementara dana pihak ke tiga yang konon kabarnya langsung dari kantong pribadi Bupati Tanah Bumbu. Salah satu penyebab kekurangan dana tersebut, diucapkan sekda, hal ini lantaran 8 kabupaten peserta sampai dengan saat ini belum membayar dana angsuran yang telah disepakati pada forum rapat bersama, masing masing wajib menyetorkan Rp15 juta. Sehingga kekurangan tersebut masuk pertanggung jawaban tuan rumah selaku pelaksana.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved