Home » » Dialog Publik Untuk Umat

Dialog Publik Untuk Umat

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 17 April 2012 | 13.29

BATULICIN - Jika tak ada aral, rencananya Kantor Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) akan menggelar dialog publik.

Dialog publik dalam rangka meningkatkan kerukunan antar umat beragama, ke-bhinneka tunggal ika-an dalam ikatan sosial yang berwawasan kebangsaan itu akan digelar pada 26 April 2012 di Mahligai Kapet Batulicin.

Menurut Kesbangpol Tanbu Darmiadi, tujuan dilaksanakannya forum dialog itu tidak lain untuk membangun hubungan silaturahmi kebersamaan dan kerukunan antar masyarakat Tanbu.

Sehingga dengan begitu, akan terbangun rasa kesatuan dan persatuan masyarakat di Bumi Bersujud.

"Seperti kita ketahui bersama, masyarakat Tanbu merupakan masyarakat dengan tingkat heterogenitas yang sangat tinggi. Dimana hampir semua suku dan ras ada di Tanbu, termasuk juga keberagaman agamanya,"ujar Darmiadi.

Pada kegiatan forum dialog publik yang akan diikuti sebanyak 250 peserta itu, Kantor Kesbangpol akan menghadirkan lima pembicara sebagai narasumber.

Kelima narasumber itu adalah, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kalsel, Ketua MUI Kalsel, budayawan Kalsel MP Lambut dan Ketua HKSS Kalsel.

"Sedangkan untuk peserta sendiri terdiri dari perwakilan dan unsur tokoh adat, tokoh agama, tokoh paguyuban etnis dan tokoh ormas, BEM se-Tanbu, LSM, beberapa kades dan ketua BPD setempat,"jelasnya.

Untuk kades dan ketua BPD, dipilih kades dan ketua BPD yang wilayahnya merupakan desa dengan tingkat kerawanan konflik atau gesekan sosial relatif tinggi.

Dengan dilibatkannya secara khusus kades dan ketua BPD pada wilayah yang tingkat kerawanan konflik atau gesekan sosial relatif tinggi itu tidak lain agar pihak dari unsur pimpinan pemerintahan desa setempat dapat menjadi fasilitator bagi masyarakat jika terjadi gejala gesekan sosial.

"Melalui dialog ini pula pemerintah daerah berharap akan tercipta kondisi daerah yang aman dan kondusif,"tandasnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved