Home » » PESTA LAUT MERIAH, MACETPUN TERJADI

PESTA LAUT MERIAH, MACETPUN TERJADI

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 29 April 2012 | 14.39

BATULICIN - Ratusan kapal nelayan berhias meriahkan puncak penutupan pesta laut mappanretasi, Minggu (29/4) di Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir. Puncak pesta laut nelayan pagatan tersebut ditandai dengan pelarungan miniatur kapal nelayan yang berisi beraneka macam makanan oleh sandro ditengah laut.

Sambil berdoa, sandro dengan dibantu dewan adat setempat kemudian mencelupkan tangannya kedalam air dan dilepaslah beraneka makanan dan selanjutnya makanan tersebut diperebutkan oleh beberapa nelayan dan pengunjung. Kemeriahan pun terjadi, kapal-kapal hias pun mulai mendekat kesisi kapal sandro dan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming yang saat itu turut serta menghadiri kegiatan Mallarung Mappanretasi 2012 di Pesisir pantai Pagatan siang kmarin. Ditengah prosesi Mallarung, Bupati termuda di Indonesia itupun membagi bagikan makanan bersama istri, yang mereka bawa untuk sengaja dibagikan kepada pengunjung yang ikut ke tengah laut bersama sama menyaksikan upacara sakral sekali dalam setahun itu. Sontak pengunjung berebut dan menikmatinya bersama sama.

Di sela kegiatan berlangsung sesaat sebelum prosesi Mallarung dilaksanakan Bupati Tanbu Mardani H Maming mengatakan pesta laut mappanretasi ini diharapkan dapat menjadi wisata unggulan di Kalsel. Melalui kegiatan semacam ini, ujar Bupati diharapkan juga tingkat perekonomian masyarakat Tanah Bumbu khususnya Kota Pagatan yang notabenenya sebagian besar berprofesi nelayan ini terus dapat meningkat. Pada akhirnya mampu memberikan peningkatan kesejahteraan mereka.

Sementara itu, camat Kusan Hilir, Kursani mengatakan kegiatan pesta laut mappanretasi ini dilaksanakan selama 21 hari dimulai pada tanggal 09 - 29 april 2012. Untuk memeriahkan pesta laut, juga digelar berbagai jenis perlombaan, seperti lomba perahu naga, pemilihan duta wisata Tanah Bumbu, serta hiburan kesenian daerah, dan lainnya.

"setiap hari dengan jadwal tertentu kegiatan lomba dan kesenian kita suguhkan untuk pengunjung yang datang ke pantai Pagatan", ucap Camat Pagatan.

Ketua Dewan Adat Bugis Pagatan, Burhansyah, mengatakan agar kegiatan pesta laut ini dapat dikembangkan lagi dan diagendakan pembangunannya secara berkesinambungan sehingga pelaksanaan pesta laut setiap tahunnya berlangsung meriah. Hal itu juga diungkapkan sama dengan salah satu nelayan pagatan, Aco (34) berharap melalui kegiatan syukuran pada puncak pesta laut mappanretasi ini rezeki para nelayan dapat terus bertambah.

''semoga melalui rasa syukur ini tangkapan ikan semakin banyak nantinya", ujar Aco.

Diakhir acara pesta laut mappanretasi, Bupati Tanbu Mardani H Maming menyerahkan piala kepada pemenang lomba Desa tingkat Kabupaten Tanah Bumbu. Adapun hasil lomba desa tingkat Kab. Tanbu dimenangkan oleh juara 1 Desa Banjarari Kecamatan Angsana, Juara II Desa Al-Kautsar Kecamatan Satui, dan Juara III Desa Tenete Kecamatan Kusan Hilir. Sedangkan untuk pemenang lomba kebersihan tingkat kecamatan diserahkan oleh Ketua TP PKK Tanbu H. Erwinda Mardani. Adapun pemenang lomba kebersihan tingkat kecamatan diraih oleh juara 1 Kecamatan Angsana, Juara II Kecamatan Kuranji, dan Juara III Kecamatan Batulicin.***

Pemandangan rutin H-2 pelaksanaan Mappanretasi, kemacetan lalulintas selalu menjadi momok para pengunjung. Kemacetan ini kerap menyambangi wisatawan dari gerbang muara desa Sungai Lembu- jembatan Pagatan- Desa Barugelang. Panjang kemacetan hingga berkilo kilo meter dari dua arah berlawanan baik arah masuk Kota Pagatan dari Batulicin maupun dari arah Banjarmasin. Tak pelak, ketika memasuki jantung Kota Pagatan kendaraan roda dua yang berjejalan dengan kendaraan roda empat harus merayap berjam jam untuk menembus kemacetan. Sayangnya pengamana polisi lalu lintas di tempat itu masih saja dinilai kurang optimal, lantaran kemacetan terjadi cukup lama dan terus terulang di setiap tahun pelaksanaan puncak mappanretasi.

"ini harus dipikirkan panitia pelaksana beserta pemerintah daerah dengan bekerjasama aparat terkait. Berikan kemudahan dan kenyamanan pengunjung, serta ciptakan kondisi lalulintas yang lancar. Sehingga pesta laut di tahun selanjutnya mampu dinikmati semua kalangan dengan rasa nyaman" ujar Aco. Lebih jauh menanggapi pelaksanaan Mappanretasi 2012 kali ini.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved