Home » » Konflik lahan Membawa Maut

Konflik lahan Membawa Maut

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 03 Mei 2012 | 20.59

BATULICIN – Samsudin alias Udin Tato (48) warga Jalan Jamrud Rt. 1 Desa Sungai Danau Kecamatan Satui ditemukan tewas bersimbah darah di Jalan PLN Lama RT.07 Desa Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Rabu (2/5/2012) kemarin.

Tewasnya Udin Tato, terkait dengan masalah konflik lahan batubara di Kecamatan Satui dengan warga lainnya yang diketahui bernama Edy Hariyanto. Kontan saja, kejadian itu membuat gempar warga setempat.

Isah, warga Desa Sungai Danau Kecamatan Satui yang menyaksikan peristiwa itu menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WITA, dan diduga disebabkan oleh konflik lahan tambang batubara di Desa Sungai Danau. "Kejadiannya sekitar pukul 14.30 WITA,"ucap Isah.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, pemicu kejadian ini diawali karena adanya masalah sengketa  penggarapan lahan untuk kegiatan pertambangan di daerah Perintis Desa Makmur Mulia Kecamatan Satui. Terkait hal itu, konflik antara kedua belah pihak itu pun tak dapat dihindari dan berujung perkelahian dari kedua belah pihak yang berakhir dengan tewasnya Udin Tato. "Kami melihat terjadi pertengkaran, kedua belah pihak saling pukul sampai terjadi pembunuhan itu,"jelas Isah.

Terkait kejadian itu, Isah mengaku takut dan berharap pihak kepolisian dapat mengamankan wilayah itu untuk mencegah konflik lahan tersebut terulang kembali. "Kami jadi takut  sekali,apalagi sampai ada yang mati," tambahnya.

Kassubag Humas Polres Tanbu AKP Ana Setiani saat dikonfirmasi menjelaskan kronologis kejadian tersebut. Saat itu, jelas dia,  korban Udin Tato mendatangi rumah tersangka Edy Hariyanto dengan gaya menantang berkelahi karena terkait dengan masalah sengketa lahan itu. Kemudian, tersangka pun keluar dari rumah. "Melihat Edy Hariyanto  keluar rumah, Udin Tato langsung mencabut parang,"ujarnya.

Lalu, oleh Udin Tato, parang tersebut ditebaskan ke arah tersangka namun tebasan itu ditangkis dengan tangan yang mengakibatkan luka di tangan tersangka. Kemudian muncul M Yasa dan M Yani yang datang untuk membantu Edy Hariyanto. Keduanya, mengambil balok kayu ulin yang kemudian dihantamkan ke kepala Udin Tato. "Sejurus kemudian, korban jatuh dan dikeroyok hingga tewas,"jelas AKP Ana Setiani.

H.Sunaryo Kanit Rekrim Satui saat dikonfirmasi, menuturkan pihaknya sudah mengamankan tiga orang pelaku pembunuhan itu. "Saat ini 3 orang tersangka atas nama, Edy Hariyanto alias Anto Bin Untung Subandi, M.Yasa bin Jamjam dan M.Yani alias Amat bin Jamjam sudah diamankan dan masih dalam proses pemeriksaan secara intensif guna mengungkap modus yang sebenarnya,"tukasnya.(R-3)

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved