Home » » PKK PERHATIKAN DESA TERPENCIL

PKK PERHATIKAN DESA TERPENCIL

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 05 Mei 2012 | 13.25

BATULICIN - Desa-desa terpencil di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mendapatkan porsi perhatian khusus dari TP (Tim Penggerak) PKK Tanbu. Bentuk perhatian tersebut yakni dengan digalakkannya kunjungan TP PKK Tanbu sekaligus dikemas pula dengan kegiatan pembinaan bidang keluarga dan kemasyarakatan kepada warga desa setempat. Menurut Ketua TP PKK Tanbu Hj Erwinda Mardani, kunjungan yang dikemas pula dengan kegiatan pembinaan itu diarahkan bagi upaya TP PKK Tanbu dalam rangka untuk turut serta mendorong percepatan pembangunan daerah khususnya bagi wilayah perdesaan yang jauh dari akses pelayanan pemerintahan kabupaten dan kecamatan.

"ini juga kami proyeksikan bagi upaya kami untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan daerah", sebut Ketua TP PKK Tanbu Hj Erwinda Mardani. Karena bagaimanapun juga sebut Erwinda, TP PKK Tanbu sebagai salah satu pilar penting penggerak pembangunan daerah harus mampu memposisikan diri sebagai agen pembaharu sekaligus pendorong dinamika pembangunan di Bumi Bersujud. Apalagi sejauh ini peran wanita dalam pembangunan khususnya  pembangunan di daerah sangat berpengaruh dalam mewujudkan karakter masyarakat sebagai objek pembangunan dan karakter daerah sebagai komunitas secara utuh.

"oleh sebab itu, melalui kegiatan kunjungan ke desa-desa terpencil tersebut kami dari TP PKK Tanah Bumbu berharap akan ada gerakan nyata dari kaum wanita dalam mengimplementasikan kiprahnya di sektor-sektor pembangunan desa khususnya yang terkait dengan peran dan fungsi wanita dalam pembangunan", sebut Erwinda.

Dari kegiatan itu, setidaknya saat ini sudah tiga desa yang dikunjungi rombongan TP PKK Tanbu. Tiga desa itu yakni Desa Manuntung Kecamatan Kusan Hulu, Desa Sungai Dua Laut Kecamatan Sungai Loban, dan Desa Danau Indah Kecamatan Batulicin. Dalam kunjungannya, dihadapan warga desa Ketua TP PKK Tanbu Hj Erwinda Mardani mengatakan, tahun 2012 ini pihaknya secara berkala akan mengunjungi wilayah desa-desa di Tanbu yang akses menuju desa-desa itu relatif sulit. Terkhusus, desa-desa yang menjadi objek kunjungan merupakan wilayah desa yang masih belum tersentuh pembangunan secara maksimal.

"Melalui kunjungan-kunjungan itu pula kami jadi tahu desa-desa mana saja yang sejauh ini masih tertinggal dan perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah. Sehingga harapan kami, desa-desa itu dapat sejajar dengan desa-desa lainnya", ungkapnya seraya mengungkapkan, Pembinaan yang dilakukan pihaknya meliputi tugas pokok dan fungsi pokja-pokja dari PKK desa.

Dengan langkah taktis yang dilakukan oleh jajaran TP PKK Tanbu itu setidaknya memberikan angin segar bagi warga masyarakat perdesaan terpencil. Seperti pada kunjungan ke Desa Sungai Dua Laut Kecamatan Sungai Loban. TP PKK Tanah Bumbu mendapat apresiasi yang besar dari TP PKK Desa setempat. Pasalnya, desa yang berada diwilayah pesisir pantai itu saat ini masih mengharapkan sentuhan pembinaan yang lebih matang dan terencana lagi.

Demi memenuhi hajat penting untuk mengangkat derajat keluarga, sosial dan kemasyarakatan desa terpencil, rombongan TP PKK Tanbu rela menempuh perjalanan berliku menuju Desa Danau Indah Kecamatan Batulicin dengan mengendarai kendaraan bermotor roda dua. Puluhan motor yang dikenderai jajaran TP PKK Tanbu harus jatuh bangun untuk bisa sampai ke pusat Desa Danau Indah karena medan jalan yang ditempuh masih berupa jalan setapak dengan kontur tanah merah yang becek dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Bahkan Ketua TP PKK Tanbu Hj Erwinda Mardani yang berboncengan dengan ajudannya beberapa kali sempat hampir terjatuh.

''Ini merupakan pengalaman pertama kami melakukan pembinaan ke desa terpencil dengan mengendarai motor dari kediaman hingga ke desa, apalagi medan jalan yang kami lalui sangat berat,'' ujar Ketua TP PKK Tanbu terharu saat mengetahui medan yang ditempuh menuju desa itu sangat berat. (adv/relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved