Home » » Jembatan Pagatan, Ambruk Lagi

Jembatan Pagatan, Ambruk Lagi

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 05 Juni 2012 | 18.10

Sejumlah angkutan alat berat, dan truck berbadan besar (fuso/gajah.red) sejak Senin malam hingga berita ini diturunkan, tak bisa melintas di atas jembatan Kusan Hilir penghubung Batulicin, lantaran struktur lantai dasar jembatan mengalami kerusakan. Menurut Keterangan Roy Rizali Anwar S.T selaku Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum yang juga mantan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten ini, kerusakan itu akibat dari kondisi jembatan yang sudah termakan usia. Belum lagi kerusakan kedua kalinya pada bagian jembatan yang terbentang diatas sungai Kusan sepanjang kurang lebih 80 meter itu juga lantaran beberapa baut pengencangnya sudah ada yang mulai longgar, bahkan copot.

Dari pantauan di lapangan Selasa (5/6) kemarin, di atas jembatan sudah mulai diberlakukan sistem one way, dengan hanya memberlakukan satu jalur saja dibawah pengawasan petugas Polisi Lalulintas Polres Tanbu yang berjaga secara terus menerus hingga dipastikan jika nantinya jembatan sudah rampung dibenahi. Jika belum selesai, pihak Kepolisian akan terus melakukan penjagaan, agar tidak ada angkutan alat berat maupun truck raksasa yang lewat diatas jembatan tersebut.

" Kita hanya menyarankan, kita tidak memberlakukan larangan untuk melintas di atas jembatan untuk kapasitas angkutan bermuatan besar. Hanya saja saran tersebut kita sampaikan untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, selama proses pembenahan berlangsung. Jika sudah selesai diperbaiki, maka pemberlakuan one way atau satu arah itu akan kita hentikan" ucap Kasat Lantas Polres Tanah Bumbu AKP Idyt, kepada wartawan yang menyambangi di ruang tugasnya kemarin.

Sementara itu, sejumlah petinggi Dinas Pekerjaan Umum Provensi Kalimantan Selatan telah melakukan peninjauan di lokasi kejadian, dan segera makukan pembenahan. Roy Rizali, menuturkan perbaikan sementara akan dilakukan pemasangan lempengan rangka baja pada bagian atas, seperti yang kini dipasang pada lantai jembatan Tanah Merah Batulicin.

"Kemungkinan seperti itu, ini dilakukan untuk menguatkan sambungan lantai yang sudah terlanjur terlepas" ucap Roy.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved