Home » » PLN Batulicin Kekurangan 1,6 MW,

PLN Batulicin Kekurangan 1,6 MW,

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 28 Juni 2012 | 13.32

Belakangan, listrik di wilayah batulicin kerap mengalami pemadaman tak tertuga, terutama pada jam jam tertentu, disaat mengalami lonjakan beban puncak, terutama dari jam 17.00 hingga pukul 19.00. Hal itu terjadi Sejak 16 Mei lalu dimana, salah satu Gardu listrik milik PT. ITP Tarjun meledak, dan hingga kini terus dilakukan perbaikan. Demikian dijelaskan Kepala Ranting PLN Ranting Batulicin H. Syamsu Saleh, kemarin (28/6) siang, saat ditemui diruang tugasnya.


Dijelaskan, jika sebelumnya atau dalam kondisi normal, PT. ITP daya mampu yang dimilikinya berkisar 3.2 MW, namun akibat kejadian tersebut mengalami kekurangan 1,2 MW dan hanya terpasang daya mampu 2mw. Untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik trsb kewilayah batulicin, Pihak PLN terpaksa menggenjot mesin pembangkit yang ada di PLTD Pagatan. Meski sempat bertahan beberapa waktu kondisi listrik sempat mengalami normal, namun kini pemadaman kembali terjadi. Hal ini lantaran mesin pembangkit yang ada di PLTD Pagatan mengalami Gangguan, terutama pada mesin sewa milik PT. Adi Kuarto 1 unit dengan daya 1.Mw.

"Insya Allah Kemungkinan 3 hari, baru bisa normal" ujar H. Syamsu Saleh.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini suplay daya yang ada di PLTD Pagatan sebagai suplayer listrik ke Batulicin, dari mesin sewa milik PT. Sewatama tinggal 8 Mw, dan PT. Adi kuarto 1mw, hingga total daya mampu PLTD Pagatan 9 Mw saja, dan sekarang 1 unit mesinnya mengalami kerusakan dan kehilangan daya sebesar 1 Mw, sementara kebutuhan normal, untuk memenuhi kebutuhan listrik di Kabupaten Tanah Bumbu sedikitnya memerlukan 11,5 Mw sampaidengan 12mw.

"Jika dalam kondisi normal, dari itp 3.2 (normal) terbakar saat ini menggunakan trapo cadangan 2mw. Menghindari pemadaman, mendapat suplay dari pgt. Sementara dari Asam2 sd sungai loban dan lasung, kondisi kurang normal,karena turut menyuplay ke pagatan,dan menjadi kekurangan 700 kw, beban puncak antara jam 15.00 sd 22.00, upaya perbaikan terus dilakukan, termasuk beberapa mesin dari PGT juga kini tengah mengalami perbaikan, jika mesin di PLTD Pagatan baik, dan normal ke 5 mesin beroprasi, maka pasokan listrik untuk menghadapi Rhamadhan juga tercukupi" ujar Pimpinan Tertinggi PLN Batulicin ini.

Adapun upaya menjelang memasuki Ramadhan, PLN kini tengah berupaya mempercepat perbaikan mesin Perkin 300 MW di pembangkit PLTD Pagata, beserta satu unit mesin PT. Adi Kuarto 1mw, besok diperkirakan selesai diperbaiki. Sementara dari pembangkit PT MjIS, akhir agustus sudah mulai mengoperasionalkan 1 unit pembangkit berkapasitas 5Mw, dan unit 2 akan selesai terpasang september mendatang. Dengan total daya mampu MJIS 14X2 dan akan menyuplai ke PLN 16 mw.
Sementara suplai transmisi gardu PT Asam Asam ke btl baru akan terpasang akhir Desember mendatang, dan saat ini sedang dalam proses penarikan kabal.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved