Home » » ADVERTORIAL ADD Dorong Dinamika Pembangunan Desa

ADVERTORIAL ADD Dorong Dinamika Pembangunan Desa

Written By Fokus Batulicin on Senin, 02 Juli 2012 | 07.49

BATULICIN - Sebagai program strategis dan unggulan daerah, program Alokasi Dana Desa (ADD) harus mampu mendorong dinamika pembangunan dan kemajuan desa di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Demikian dikatakan bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H Maming menyusul direalisasikannya program ADD tahun ke dua 2012 ini.
Dikatakannya Mardani, program ADD yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2011 lalu tidak lain merupakan program lanjutan dari program PDSB (Program Desa Sejahtera Bersujud), yang secara esensial tujuan dari implementasi program tersebut adalah guna mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas kesejahteran masyarakat, khususnya yang ada di perdesaan.

Pelaksanaan program ADD sendiri berlandaskan pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2008 tentang Keuangan Desa, pada tahun 2011 yang lalu pemerintah daerah menyempurnakan kembali nama program PDSB itu menjadi program Alokasi Dana Desa (ADD). Selanjutnya sebagai landasan hukum implementasi program Pemkab Tanbu menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 5 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa dan Perbup Nomor 6 Tahun 2011 tentang Alokasi Dana Desa (ADD).
Kalau pada penerapan PDSB masyarakat lebih memfokuskan sasaran program pada pembangunan sarana dan prasarana fisik seperti Kantor Desa, tempat ibadah, jembatan, jalan desa, drainase desa serta objek fisik lainnya, pada program ADD atas fasilitasi dan pendampingan dari pemerintah daerah, inisiasi pembangunan desa yang dilakukan masyarakat desa lebih bervariatif.

Ini karena didasarkan pada fakta riil bahwa sejumlah kebutuhan sarana dan prasarana fisik desa telah terakomodir dan terserap melalui program PDSB. Sehingga pada program ADD, masyarakat desa akan menggali dan menetapkan urgensitas objek pembangunan lainnya seperti pembangunan bidang ekonomi kerakyatan, kepemudaan dan olah raga, keagaman, sosial kemasyarakatan dan objek pembangunan lainnya.

Dari program ADD itu, pada tahun 2011 pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran program yang tertuang pada APBD 2011 sebesar Rp. 21.750.000.000, dengan alokasi yang didapat masing-masing desa sebesar Rp.150 juta.
Pada tahun 2012 ini Pemkab Tanbu menaikkan alokasi dana program ADD yang tertuang pada APBD 2012 menjadi Rp. 32.619.240.000. Kenaikan ini terproyeksikan guna untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan aparatur pemerintahan desa yang salah satunya melalui peningkatan kesejahteraan aparatur desa, di mana gaji Kepala Desa yang sebelumnya sebesar Rp.1 juta meningkat menjadi Rp.2,1 juta.

Jika ditinjau dari sasaran program secara umum, target program ADD tidak berbeda jauh dengan program PDSB yakni meningkatkan kualitas dan kuantitas pembangunan sarana dan prasarana fisik desa, pembangunan pemberdayaan masyarakat serta peningkatan SDM desa.
"Agar sasaran dan target program yang dicanangkan pemerintah daerah dapat tercapai secara maksimal, dalam mengimplementasikan program ADD tersebut kami menetapkan ketentuan komposisi penggunaan dananya. Ketentuan itu yakni, 30 persen dana ADD harus dialokasikan untuk untuk penyelenggaraan pemerintahan desa. Selanjutnya sisanya sebesar 70 persen teralokasikan untuk mendukung pelaksanaan program pembangunan pemberdayaan masyarakat", terang Mardani.

Pada tatanan realisasi, melalui program ADD ini pemerintah daerah secara konsisten mendorong pihak desa agar mengarahkan alokasi dana ADD untuk mendukung program peningkatan kualitas SDM aparatur desa serta pembangunan sarana dan prasarana fisik desa yang tidak terprogram secara khusus oleh pemerintah daerah, yang meliputi pembangunan sarana publik, peningkatan keterampilan dan kemandirian masyarakat dalam menggerakkan roda perekonomian desa melalui pengembangan sektor ekonomi kerakyatan, pemberian permodalan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa), serta turut menopang kegiatan sosial, kesehatan dan pendidikan agar program ADD tersebut benar-benar berdaya guna dan berhasil guna secara nyata bagi peningkatan kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat khususnya yang ada di wilayah perdesaan. (adv/relhum)


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved