Home » » Belanja Daerah Tanbu Capai Rp 1. 077 Triliun, Dinas PU dan Disdikpun, Diwanti DPRD

Belanja Daerah Tanbu Capai Rp 1. 077 Triliun, Dinas PU dan Disdikpun, Diwanti DPRD

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 31 Juli 2012 | 17.03

Angka yang sungguh mengejutkan, bagi sebuah kabupaten baru dengan anggaran belanja dia Tahun Perubahan 2012 ini Kabupaten Tanah Bumbu menetapkan sebesar Rp 1. 077 Triliun lebih. Dimana hal itu terungkap saat berlangsungnya pembahasan penyampaian rancangan perubahan APBD 2012 di meja DPRD Tanbu, Selasa (31/7) kemarin.

H Supiansyah ZE, Petinggi DPRD Tanah Bumbu, mengatakan, angka belanja seperti itu bisa dikatakan cukup pantastis, diusia belia Kabupaten Kaya dengan Pertambangan ini. Namun, dijelaskan H Upi sapaan akrab H. Supiansyah belanja sebesar itu masih dibatas kewajaran jika melihat besarnya penghasilan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Tahun ini, yang juga surplus Rp 91 Milyar lebih. Berikut Silpa Tahun 2012 kali ini mencapai Rp. 223. 622 Milyar lebih.



"Awalnya belanja kita hanya Rp 843.653.006. 401,00,. setelah perubahan menjadi Rp Rp. 1. 077.275.935.074.00,. Bahkan untuk Tahun 2013 bakal kita naikkan lagi mencapai Rp 1. 152.815.725.700.89,. Ini kita lakukan dalam rangka menciptakan percepatan pertumbuhan pembangunan baik itu fisik maupun non fisik, di Kabupaten Tanah Bumbu, tinggal nantinya bagaimana SKPD mengolah kegiatan masing masing, jangan sampai anggaran sebesar itu tidak mampu dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakatnya, berikut untuk menumbuhkembangkan pembangunan infrastruktur dan juga ekonomi serta program pendidikan maupun kesehatannya" ujar H. Upi.

Terlebih untuk Dinas Pekerjaan Umum, H Supiansyah berpesan, dengan angka belanja sebesar itu, hendaknya bisa membuat program yang akurat untuk peningkatan kualitas fisik pembangunan di Tanah Bumbu, baik itu jalan, jembatan, maupun infrstruktur lainnya, dari pedesaan hingga yang ada di pusat perkotaan, dengan demikian masyarakat bisa menikmati fasilitas umum yang ada. Sehingga perkembangan ekonomi di Tanah Bumbu dapat bergerak lebih cepat, sehingga masyarakat tanah bumbu bisa menikmati pemerataan kesejahteraan.
"Jangan sampai, anggarannya besar, tapi pekerjaannya tidak ada, jalan rusak semua, fasilitas kesehatan dan pendidikan tidak memadai, wah.. Ini akhirnya tidak bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Kemudian saya berpesan juga untuk Dinas Pendidikan, DPRD telah memberikan langkah awal sebagai modal segala kegiatan eksekutif. Saya hanya meminta kepada dinas Pendidikan, untuk bisa memperhatikan siswa siswa yang kini menuntut ilmu dari sekolah dasar, berapa jumlahnya, siapkan bangunan dan ruang kelas belajar mereka di jenjang selanjutnya. Jangan sampai begitu mau masuk ke sekolah SMP atau SMA sederajat, justru tidak bisa diterima, lantaran sudah kepenuhan siswa yang masuk mendaftar, atau dengan alasan daya tampung sekolah sudah tidak mampu lagi. Ini momok bagi pelajar, dan tugas buat Dinas Pendidikan. Jangan sampai tahun depan kita kekurangan ruang belajar lagi" ujar H. Upi.
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved