Home » » Bupati Harapkan Pembuatan Perizinan, Tak Berbelit Belit

Bupati Harapkan Pembuatan Perizinan, Tak Berbelit Belit

Written By Fokus Batulicin on Senin, 16 Juli 2012 | 12.10

Guna meningkatkan Iklim Infestasi di Tanah Bumbu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, menginginkan dalam pengurusan pembuatan segala bentuk perizinan melalui Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal Daerah (BP3MD) setempat, geratis tanpa dipungut biaya, prosedural dan tidak berbelit belit.

Hal itu, juga merupakan langkah nyata, Bupati Termuda ini menciptakan Pemerintahan dan Pelayanan Bersih, Bebas Korupsi atau dengan istilah singkatnya, Bebas KKN. Dengan demikian peningkatan iklim infestasi dari segala bidang, baik dari tingkatan paling bawah, menengah, maupun bentuk usaha bertaraf internasional di Bumi Bersujud. Dimana pada Akhirnya, dengan gerakan penggeratisan perizinan itu, juga diharapkan mampu memcau peningkatan kesejahteraan, pengurangan angka pengangguran dan kemiskinan di Tanah Bumbu.

Langkah taktis BP3MD seperti ini, ujar Bupati Tanbu Mardani H. Maming, dilakukan guna untuk lebih menggeliatkan dunia usaha dan investasi di Bumi Bersujud.Selain itu, imbuh Mardani, program penggratisan proses penerbitan perizinan oleh BP3MD itu juga diarahkan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat atau investor yang hendak membuat perijinan dengan pola atau mekanisme pengurusan perijinan yang tidak berbelit-belit.

"Langkah ini kita tempuh bukan semata-mata untuk lebih menghidupkan lagi dunia usaha dan investasi di Tanbu, namun juga kita proyeksikan bagi upaya daerah untuk menarik minat investor yang sebelumnya kurang tertarik berinvestasi di Tanbu karena khawatir akan rumitnya proses pengajuan ijin usaha dan hal-hal terkait lainnya", sebut Mardani belum lama tadi, di Batulicin.

Sementara itu Kepala BP3MD Arif Fadillah mengungkapkan, proses perizinan yang digratiskan biaya retribusinya oleh pihaknya itu meliputi Izin Pengolah dan Pengumpul Sarang Burung Walet, Surat Ijin Tempat Usaha (SITU), Surat Izin Pengumpul Sirap, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Tanda Daftar Perusahaan, Surat Tanda Daftar Gudang, Surat Izin Penumpukan Barang, Surat Izin Usaha Industri, Surat Izin Pameran dan Promosi Dagang, Surat Izin Praktek Bidan, Surat Izin Pengobatan Tradisional, Surat Izin Industri Rumah Tangga Pangan, Surat Izin Toko Obat, Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi, Izin Penyimpanan Sementara Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya di Industri/Usaha Suatu Kegiatan, Perizinan Usaha Peternakan, Izin Stockfile, Izin Usaha Kelistrikan Untuk Kepentingan Sendiri, Izin Usaha Pengeboran, Izin Juru Bor, Izin Pemanfaatan Air Bawah Tanah, Izin Coal Trader, dan Surat Izin Usaha Kepariwisataan.

Melalui program penggratisan biaya perijinan itu urai Arif, pemerintah daerah berharap akan lahir minat dan motivasi dari masyarakat khususnya warga lokal untuk melakukan pengembangan usaha sesuai objek usaha yang hendak dikelola.Sebelumnya, banyak warga yang khawatir bahwa pengurusan perijinan akan memakan waktu yang lama dan juga tidak sedikit memakan biaya.Namun dengan diluncurkannya program perijinan gratis terhadap sejumlah perijinan itu masyarakat mulai merespon dengan mengajukan beragam perijinan.

Dengan program gratis biaya 23 objek perijinan itu, kata Arif Fadillah pihaknya berharap masyarakat bisa memulai dunia usahanya, yang dengan begitu secara tidak langsung akan menciptakan dunia kerja baru karena dengan dimulainya kegiatan usaha yang digeluti itu sekaligus pula akan direkrut pekerja atau pegawai.Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, BP3MD juga meregulasi jadwal penyelesaian proses penerbitan perizinan yang diajukan masyarakat. Yang mana masing-masing proses perizinan ditetapkan batas waktu penyelesaiannya. Jika ternyata target waktu penyelesaian yang ditetapkan itu tidak dapat ditempuh petugas maka BP3MD siap memberikan konpensasi kepada warga yang mengajukan proses perijinan.

"Ini adalah bentuk solusi kami agar personil kami bekerja dengan sungguh-sungguh dan profesional", sebut Arif.

Dibagian lain Arif juga mengungkapkan, untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengajukan proses perijinan, pihaknya juga memberikan fasilitas berupa pelayanan perijinan ke rumah, di mana ketika ada pengajuan perijinan dari masyarakat bisa menghubungi pihak BP3MD, selanjutnya petugas BP3MD akan mendatangi ke rumah warga yang mengajukan perijinan itu. (HMS)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved