Home » » Objek Wisata Pagatan Mulai Dibenahi

Objek Wisata Pagatan Mulai Dibenahi

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 25 Juli 2012 | 19.55

Pantai Pagatan di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu masih menjadi tujuan wisata pilihan bagi masyarakat Tanah Bumbu untuk berlibur diakhir pekannya. Pantai yang terletak di jantung kota Pagatan itu selain memiliki pemandangan eksotik, juga menyimpan sejarah perjuangan perlawanan Rakyat Indonesia melawan penjajahan belanda yang dikenal dengan perjuangan 7 Februari 1946. Dimana disekitar pantai ini terdapat Taman Makam Pahlawan, juga makam para Raja Pagatan yang memerintah pada jaman kerajaan tempo dulu.
Setiap tahun pula, di pantai ini digelar pesta adat Mappanretasi yang lahir dari adat istiadat masyarakat suku bugis Pagatan sebagai ungkapan rasa syukur mereka terhadap melimpahnya sumberdaya kelautan dan perikanan di pantai tersebut. Sehingga, pada gelaran Mappanretasi itu, juga kerap disajikan beragam atraksi seni budaya yang terdapat di Kabupaten Tanah Bumbu. Namun, sayangnya sampai dengan akhir Tahun 2011 lalu, belum memiliki panggung permanen sebagai sarana pendukung ragam kegiatan yang ada.


"Selama ini kita hanya menggunakan panggung sementara, bahkan setiap tahun sebelum perayaan mappanretasi kita selalu melakukan pemugaran atau rehab pada sejumlah titik, baik panggung maupun wadah stand pameran pembangunan, dan ini senantiasa mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Alhamdulillah di Tahun 2012 ini kita mendapat bantuan bersumber dari APBN untuk melakukan pembangunan beragam fasilitas umum di pinggir pantai Pagatan ini" ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Drs. M. Amin, kemarin.
Pembangunan sejumlah fasilitas umum yang dimaksud diantaranya berupa Panggung Seni, Taman, MCK, Tugu, serta Toko/ Stand Sovenir. Dengan anggaran sedikitnya bakal menghabiskan sekitar Rp 1,848 milyar lebih bersumber dari APBN 2012 dan kini tengah dikerjakan oleh kontraktor CV Adira Bersaudara sejak awal Juni 2012 lalu, yang langsung berada dibawah pengawasan Kementrian Pekerjaan Umum Dirjen CIPTA KARYA Satker Penataan Bangunan dan Lingkungan Wil. Provinsi Kalimantan Selatan.

Dari pantauan dilapangan, rangka bangunan panggung telah berdiri di ujung barat pantai Pagatan tepatnya di samping Koramil Kusan Hilir itu. Sementara ujung jalan aspal menuju pantai pagatan terpaksa ditutup, lantaran di ujung aspal ini, kontraktor tengah mendirikan tiang penyangga pembuatan tugu. Untuk pekerjaan lainnya belum terlihat jelas hingga pertengahan Juli 2012 ini.
Pembangunan fasilitas umum ini, mengundang tanya dari sejumlah pihak terutama dari tokoh masyarakat pagatann sendiri. Sebut saja Mujiono selaku Danramil Kusan Hilir. Mujiono menilai pembangunan Fasilitas pariwisata itu menurutnya lebih pas jika dibangun di Desa Tanjung Petang, selain kondisi pantainya yang masih asri, Tanjung petang juga belum mengalami abrasi yang cukup parah seperti Pantai Kota Pagatan. Belum lagi, keberadaan fasilitas umum seperti itu juga bisa meningkatkan kesejahteraan warga desa Tanjung Petang, dengan adanya beragam kegiatan kesenian yang digelar ditempat itu.

"Ini penilaian saya pribadi, yang terpenting dengan adanya sarana prasarana pariwisata dan budaya seperti ini, bisa bermanfaat, dan dimanfaatkan sebaik mungkin, jangan sampai mubazir, nunggu kegiatan tahunan, lama lama lapuk dimakan usia karena kurang terawat." Ujar Mujiono.
Sementara Drs. M. Amin selaku Kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanah Bumbu tidak mengetahui secara persis item apa saja yang masuk dalam proyek Rp 1,8 milyar lebih itu. Karena pembangunannya langsung berada dibawah pengawasan PU provensi dan tidak melibatkan pihak pemerintah daerah.
"Yang saya tahu seperti itu, diantaranya pembangunan panggung, tugu, MCK, stand kios, tugu dan taman, selebihnya saya kuran faham" ucapnya saat dikonfirmasi melalui telp selularnya, belum lama tadi.
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

28 Desember 2015 14.16

Maju terus pembangunan di pantai pagatan.. semoga menjadi objek wisata yang terkenal...
Salam :
miniblogger28.com

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved