Home » » Satui Terendam Banjir

Satui Terendam Banjir

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 13 Juli 2012 | 08.57

Hujan yang terus terjadi di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu beberapa hari ini membuat Satu dari Sepuluh Kecamatan di Kabupaten Penghasil Batu Bara ini yakni Kecamatan Satui mulai terendam, kebanjiran. Dari pantauan di lapangan, kejadian itu bermula dari meluapnya air sungai satui, ke sejumlah desa di sepanjang aliran sungai tersebut, seperti desa sungai danau, sungai bulan, jombang dan sejumlah desa lainnya di Kecamatan Satui.
Menghindari kemungkinan buruk yang terjadi dari dampak Banjir kali ini, warga yang berada di lokasi rawan banjir lainnya pun sudah mulai mengungsikan diri masing masing kedaratan yang lebih tinggi. Baik ke rumah sanak family atau ke sejumlah fasilitas umum yang berada jauh dari lokasi Banjir. Sebut saja Udin, warga Desa Sinar Bulan Kecamatan Satui yang berhasil dimintai keterangan mengatakan bahwa, para tetangganya semua sudah terpaksa mengamankan barang-barang di rumahnya, karena air terus naik. Namun beruntungnya, rumah tempat tinggal yang ia miliki berada di dataran tinggi, dan masih dalam kondisi aman dari bencana banjir.
Dari beberapa kabar yang tersiar di desanya, Udin mengatakan, Banjir ini lebih disebabkan karena ada aktifitas pertambangan yang membuka Dam tanggul tambangnya, dan mengalirkannya kesungai, untuk melancarkan aktifitasnya di musim hujan seperti ini, di kawasan hulu. Sehingga berdampak pada meluapnya air sungai Satui. "Kabar yang beredar dari mulut ke mulut seperti itu, karena disatui sendiri hujan yang terjadi sama saja seperti hari biasanya, tidak ada hujan yang lebih lebat, semuanya hujan biasa saja" ujar Udin, kamis (12/7).
Sementara itu, kondisi terakhir, air banjir di beberapa tempat sudah mencapai pinggang orang dewasa. Bahkan kantor kecamatan Satui yang terletak di sisi jalan provensi ini pun sudah terendam. Begitu juga puluhan rumah disekitarnya. Menurut Kepala Bidang Penanggulangan Banjir BNPB Kabupaten Tanah Bumbu, Abdul Rahim, kemarin mengatakan bahwa tim SAR dan dapur umum sudah di bangun untuk mengantisipasi pengungsi banjir. "Tim SAR sudah ada disana untuk membantu. Kami juga sudah siapkan dapur umum untuk mengantisipasi pengungsi banjir," jela Rahim.
Dari kejadian itu, selain mengakibatkan kerugian material, banjir kali ini juga nyaris merenggut nyawa. Arista (17)korban banjir yang tersengat aliran listrik yang merambat di air, bermula saat korban ingin mencarge hanphonenya, namun kabel yang dipegannya sudah basah dan beraliran listrik.
Beruntung, Arista berhasil selamat dari kejadian naas tersebut, ia mengalami luka bakar pada bebera bagian tubuhnya, terparah pada bagian jari tangannya dan sementara mendapatkan perawatan di Puskesmas Satui.
Atas nama rasa kemanusiaan, melihat peristiwa naas tersebut menimpa warga Satui, Komunitas Motor Treil yang tergabung dalam Tanah Bumbu Trail Comunity, kemarin malam mengirimkan bantuan awal berupa Beras 350 kg sebanyak 10 sak langsung ke posko banjir dikoramil Satui. Melalui Koordinator penanganan bencana kecamatan, diwakili Kapolsek Satui dan KepalaPenanggulangan Bencana Daerah Kab. Tanah Bumbu Abdulrahim Rahim.
" Kita semua turut prihatin atas kejadian ini, untuk itu kami atas nama kawan kawan semua yang tergabung di TTC dan juga bersama Bupati Tanah Bumbu, kami menyerahkan bantuan ala kadarnya, semoga bermanfaat dan mengurangi beban korban banjir Satui, saat ini. Selain itu, bantuan lainnya juga akan segera di salurkan ke posko tersebut, menyusul dari hasil kerjasama penggalangan dana dari seluruh anggota motor treil lainnya, belakangan nanti" ujar AKP Gatot S. Selaku Ketua Umum Tanah Bumbu Trail Comunity ( TTC ).
Powered by Telkomsel BlackBerry®





Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved