Home » » 3 Milyar Untuk Caesar Geratis di Tanbu

3 Milyar Untuk Caesar Geratis di Tanbu

Written By Fokus Batulicin on Senin, 20 Agustus 2012 | 18.40

Sebagai wujud keseriusan pemerintah daerah dalam mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat Bumi Bersujud khususnya dari keluarga kurang mampu, melalui Dinas Kesehatan setempat Pemkab Tanah Bumbu telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3 Milyar untuk membiayai pelaksanaan program cesar gratis bagi ibu hamil yang kurang mampu. Dengan alokasi dana program cesar gratis sebesar Rp 3 Milyar itu diharapkan akan mampu memenuhi kebutuhan pelayanan bidang kesehatan masyarakat kurang mampu dengan objek pelayanan ibu hamil.

Karenanya pemerintah daerah berharap, dengan adanya program cesar gratis bagi ibu hamil dari kelurga kurang mampu itu, bisa menjadi solusi ketika ada ibu hamil yang harus menjalani operasi cesar namun dihadapkan pada masalah ketiadaan dana. Selain tentu saja, pemerintah daerah berharap akan ada langkah konstruktif dalam rangka mengurangi angka kasus kematian ibu dan anak pada saat proses persalinan berlangsung. Menurut bupati Mardani H Maming, pemerintah daerah sangat menyadari, salah satu problem pemicu dari kasus kematian ibu atau anak saat persalinan dikarenakan adanya kondisi ketidakwajaran kandungan ibu hamil. Maka salah satu solusi penanganan masalah secara medis adalah dengan jalan operasi cesar.

Dengan fakta itulah, khususnya kasus yang terjadi pada ibu hamil dari keluarga kurang mampu, pemerintah daerah memandang sangat perlu menganggarkan alokasi dana pelayanan masyarakat bidang kesehatan dengan objek layanan operasi cesar. Dari data yang ada, guna memenuhi kebutuhan layanan cesar gratis tersebut, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan setempat menaikkan dana alokasi dari tahun 2011 sebesar Rp 1,8 Milyar meningkat tajam menjadi Rp 3 Milyar pada tahun 2012 ini.

Pada tahun 2011, dari anggaran sebesar Rp 1,8 Milyar, terserap sebesar Rp1,580 miliar. Sedangkan pada tahun 2012 ini, hingga Pebruari lalu telah terserap anggaran senilai  Rp166.500.000,- untuk membiayai operasi cesar sebanyak 38 ibu hamil dari keluarga kurang mampu. Dari angka realisasi yang ada itu menurut bupati, menunjukkan angka permintaan layanan yang signifikan. Data ini sekaligus membuktikan, bahwa program operasi cesar gratis yang berjalan baru  satu tahun itu telah mendapat respon positif di masyarakat. Dengan begitu, harapan pemerintah daerah untuk menekan angka kematian ibu atau anak dalam proses persalinan secara bertahap akan tercapai, dan masyarakat khususnya warga kurang mampu merasa terbantu karena seperti diketahui biaya persalinan dengan jalan operasi cesar sejauh ini masih tergolong tinggi.

Dalam konteks pembangunan daerah bidang kesehatan, pada tahun 2012 ini juga Pemkab Tanah Bumbu berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Bumi Bersujud. Karenya pemerintah daerah menyadari masalah kesehatan adalah hak asasi manusia dan setiap warga negara berhak untuk mendapatkanya. Oleh sebab itu, sangat penting kiranya bagi semua komponen daerah khususnya jajaran pemerintah daerah untuk bersama -sama menunjukan kepedulian kepada warga yang kurang mampu yang membutuhkan layanan kesehatan terkhusus bagi warga yang kurang mampu, untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi mereka menjadi tanggungjawab pemerintah daerah.

Implentasi dari program pelayanan kesehatan bagi warga masyarakat kurang mampu tersebut dikemas dalam kegiatan bhakti sosial berupa pelaksanaan operasi katarak, layanan keluarga berencanan (KB), pengobatan gigi, dan operasi bibir sumbing bagi warga kurang mampu. Untuk program itu, sedikitnya telah tercatat sebanyak 496 warga pasien penderita katarak, 55 warga penderita bibir sumbing, 50 warga akseptor KB, dan 50 warga penderita gigi. Dari jumlah itu menunjukkan bahwa warga kurang mampu yang membutuhkan bantuan pewlayanan kesehatan secara gratis di Tanbu relatif masih tinggi, sehingga perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah. 
         

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved